126 Napi RutanTarutung Dapat Remisi, 1 Langsung Bebas

126 Napi RutanTarutung Dapat Remisi, 1 Langsung Bebas
Pj Bupati Taput, Dimposma Sihombing saat menyerahkan remisi secara simbolis kepada perwakilan Napi di lapangan Rutan setempat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Sebanyak 126 orang narapidana (Napi) dan anak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Tarutung mendapat remisi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Sabtu 17 Agustus 2024.

Remisi diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Tapanuli Utara (Taput), Dimposma Sihombing kepada perwakilan Napi pada
upacara yang digelar di lapangan Rutan setempat, Sabtu, (17/8).

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) kelas II B Tarutung, Ismet Sitorus mengatakan, adapun ke-126 orang Napi dan anak yang mendapat remisi terdiri dari Remisi Umum (RU) I sebanyak 125 orang dan RU II sebanyak 1 orang.

"Adapun ke-125 orang yang mendapat remisi umum I dengan runcian, 45 orang mendapat remisi 1 bulan, 28 orang mendapat remisi 2 bulan, 38 orang mendapat remisi 3 bulan, 12 orang mendapat remisi 4 bulan, 1 orang mendapat remisi 5 bulan, dan 1 orang mendapat remisi 6 bulan," ujarnya.

"Sedangkan yang mendapat remisi umum II sebanyak 1 orang, mendapat remisi 4 bulan dan langsung bebas," kata dia.

Dia mengatakan, pemberian remisi ini merupakan perwujudan dari pemajuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu sarana hukum yang penting dalam rangka mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan.

Dia menambahkan, remisi diberikan kepada Napi dan yang telah memenuhi syarat untuk diusulkan.

"Yakni berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan di dalam Rutan dengan baik, telah menjalani minimal 6 bulan masa pidana, dan telah menunjukkan penurunan tingkat risiko serta syarat lainnya," tandasnya.

Pihaknya berharap kiranya remisi yang diberikan ini dapat motivasi dan memberikan semangat baru bagi Napi dan anak.

"Sehingga para Napi dan anak bisa lebih baik lagi serta dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Menjadi insan yang berakhlak mulia, berbudi luhur, dan insan yang berguna bagi pembangunan bangsa," imbuhnya

(CAN/DEL)

Baca Juga

Rekomendasi