Langkah BRI Pematangsiantar Majukan Sistem Pendidikan Melalui Aplikasi Junio Smart

Langkah BRI Pematangsiantar Majukan Sistem Pendidikan Melalui Aplikasi Junio Smart
Langkah BRI Pematangsiantar Majukan Sistem Pendidikan Melalui Aplikasi Junio Smart (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Siantar - Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Kantor Cabang Pematangsiantar menggelar sosialisasi aplikasi digital platform Junio Smart di berbagai sekolah di Kota Pematangsiantar. Langkah ini merupakan dukungan nyata BRI terhadap program pemerintah dalam mempercepat digitalisasi sistem manajemen sekolah yang lebih modern dan terpadu.

Junio Smart adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai aspek manajemen sekolah, meliputi akademik, administrasi, dan informasi dalam satu platform digital.

Aplikasi ini memungkinkan adanya komunikasi yang lebih efektif antara sekolah, siswa, dan orang tua dalam mengakses berbagai informasi terkait kegiatan sekolah.

“Kami menghadirkan Junio Smart sebagai solusi digital yang dapat mempermudah pengelolaan sekolah, mulai dari monitoring laporan tagihan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang terintegrasi dengan BRI Virtual Account (BRIVA) hingga memantau informasi akademis siswa,” ujar Vinky, perwakilan BRI Pematangsiantar, dalam kegiatan sosialisasi di Yayasan Trisakti dan Yayasan Tridarma Siantar.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang kegiatan akademis seperti ujian online, tugas online, absensi online, hingga silabus dan jadwal pelajaran. Selain itu, orang tua dan siswa dapat melakukan pembayaran secara online melalui BRIVA kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke sekolah.

Fitur lain yang tersedia dalam Junio Smart antara lain jadwal dan hasil ujian, riwayat absensi, dan informasi guru yang mengajar. Semua data terkait siswa, orang tua, guru, serta mata pelajaran dan tagihan SPP dapat diakses melalui aplikasi ini.

“Kami berharap, melalui Junio Smart, proses pengelolaan sekolah dapat dilakukan dengan lebih efisien dan transparan, sehingga berdampak positif bagi kemajuan pendidikan,” tambah Vinky.

Platform Junio Smart dapat digunakan oleh sekolah dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Yang menarik, sekolah tidak akan dikenakan biaya pemasangan maupun abonemen bulanan untuk menggunakan aplikasi ini.

Pemimpin Cabang BRI Pematangsiantar, Yanri Eka Putra, menegaskan komitmen BRI dalam mendukung digitalisasi pendidikan di Indonesia melalui inovasi Junio Smart.

“BRI akan terus memberikan pendampingan kepada sekolah yang mengimplementasikan Junio Smart,” ujar Yanri.

Kepala Sekolah Yayasan Tridarma, Indra Saragih, mengapresiasi kehadiran Junio Smart di sekolahnya dan berharap kerjasama ini dapat menjadi langkah awal menuju kemajuan yang lebih besar bagi para siswa di Yayasan Tridarma.

Berikut langkah penggunaan aplikasi Junio Smart:
- Sekolah membuka rekening giro (opening account).
- Pendaftaran aplikasi : sekolah mendaftarkan aplikasi melalui website atau kantor cabang.
- Create BRIVA code : sekolah menggunakan BRIVA Code.
- Implementasi : Sekolah melakukan migrasi data pada sistem junior smart
- Unduh aplikasi : Orang tua dan siswa mengunduh aplikasi di playstore atau appstrore.*

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi