Pengendalian Inflasi, Pemkab Palas Canangkan Gema Pangan

Pengendalian Inflasi, Pemkab Palas Canangkan Gema Pangan
Pengendalian Inflasi, Pemkab Palas Canangkan Gema Pangan (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Hutaraja Tinggi - Upaya Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) untuk menjamin kesejahteraan masyarakat dan pengendalian tingginya inflasi daerah terus digiatkan.

Pj Bupati Palas, Ardan Noor Hasibuan, membuktikan komitmen tersebut dengan mencanangkan Gerakan Masyarakat Mandiri Pangan (Gema Pangan) yang dipusatkan di Desa Panyabungan, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Selasa (27/8).

Gema Pangan adalah desa yang masyarakatnya memiliki kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami berbagai jenis tanaman, untuk menopang ketahanan pangan di daerah tersebut.

Seperti tanaman cabai, tomat, bawang dan tanaman lainnya yang diharapkan bisa secara berkelanjutan untuk menutupi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.

"Program ini adalah bahagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat memanfaatkan lahan yang masih kosong untuk ditanami," sebut Ardan.

Ardan mengungkapkan, masalah pangan tidak hanya dihapkan pada pertambahan jumlah penduduk, tetapi juga karena semakin berkurangnya lahan pertanian yang berakibat pada berkurangnya jumlah pasokan pangan.

Karena itu pemanfaatan lahan pekarangan yang bisa ditanamani tanaman pangan, sayuran dan buah-buahan dapat dijadikan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pangan masyarakat.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi