PON XXI 2024

Kontingen Jawa Tengah Dominasi Partai Final Cabang Bulutangkis

Kontingen Jawa Tengah Dominasi Partai Final Cabang Bulutangkis
Para pemain bulutangkis sedang bertanding di Gedung Olahraga di Gedung Olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (GOR PBSI) Sumatera Utara, Rabu (18/9). (Analisadaily/Cristison Sondang Pane)

Analisadaily.com, Medan - Kontingen Jawa Tengah mendominasi babak final cabang bulutangkis pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut - Aceh setelah menyelesaikan babak semifinal di Gedung Olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (GOR PBSI) Sumatera Utara, Rabu (18/9).

Jumlah atlet Jawa Tengah yang berhasil lolos ke babak final ada enam yang tersebar dibeberapa sektor, diantaranya ganda campuran, ganda putri, tunggal putri dan tunggal putra.

Di sektor ganda putra ada pasangan Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana, ganda putri ada pasangan Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (1) dan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina (2).

Di tunggal putri ada Sausan Dwi Ramadhani (6), dan tunggal putra ada Moh. Zaki Ubaidillah (1), dan Richie Duta Richardo (4).

Mereka memastikan tempat dibabak final setelah mengalahkan lawan-lawan kuatnya. Michael/Bernadine sebelumnya mengalahkan kontingen Yogyakarta, Aufa Isnanta Nurrafif Darwanto/Sabrina Ajeng Takira dengan skor 21-11 dan 21-14.

Ardita/Titis menekuk unggulan ke-4 asal Jakarta, Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani dengan skor 22-20, 16-21 dan 21-12.

Jateng Pastikan 2 Emas

Sausan menghentikan langkah unggulan pertama dari Jawa Timur, Azzahra Melani Arjisetya dengan skor 13-21 dan 21-23.

Zaki memupus harapan tunggal putra Jawa Barat, Muhammad Fachri Akbar Romadhon (3) untuk melajut ke final.

Richie, yang merupakan unggulan ke-4 mampu mengalahkan wakil Jawa Timur, Muhammad Rizky Akbar (2) dengan rubber game, 22-20, 8-21 dan 21-8.

Kemudian Bernadine/Velisha, wakil terakhir Jawa Tengah sukses mengikuti jejek rekan-rekan setimnya untuk melangkah ke partai puncak. Ganda putri unggulan ke-2 ini berhasil mematahkan perjalanan wakil Banda Aceh, Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani (8) dengan skor 21-16, 21-19.

Kontingen Jawa Tengah telah memastikan merebut dua medali emas dari cabang bulutangkis setelah enam jagoannya, masing-masing dari sektor tunggal putra dan ganda putri berhasil lolos ke babak final.

Keenam pemain itu diantaranya, Moh. Zaki Ubaidillah (1), dan Richie Duta Richardo (4) , pasangan Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (1) dan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina (2).

Namun begitu, pertandingan tersebut tentu akan berjalan sengit karena keduanya merupakan pemain unggulan.

Berikut daftar finalis cabang bulutangkis PON XXI Sumut-Aceh, Kamis (19/9):

Tunggal putra: Moh. Zaki Ubaidillah (1) vs Richie Duta Richardo (4) (Jawa Tengah)

Tunggal putri: Sausan Dwi Ramadhani (6) vs Aurelia Salsabila (Jatim)

Ganda putra: Gilang Krisandi Toyo Pramana/Kleopas Binar Putra Prakoso (4/Jawa Timur)vs Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah (2/Jawa Barat)

Ganda putri: Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (1) dan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina (2) (Jawa Tengah)

Ganda campuran: Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana (Jawa Tengah) vs Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela (Jawa Barat)

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi