FISI Gelar Pertandingan Ekshibisi Ice Skating PON XXI Aceh- Sumut 2024

FISI Gelar Pertandingan Ekshibisi Ice Skating PON XXI Aceh- Sumut 2024
FISI Gelar Pertandingan Ekshibisi Ice Skating PON XXI Aceh- Sumut 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) menggelar pertandingan ekshibisi Ice Skating pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Sun Plaza Medan, Jumat (20/9/2024) malam. Pertandingan ekshibisi ini diikuti tujuh provinsi yakni Sumatera Utara, Jawa Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Adanya ekshibisi ini ditargetkan bisa membawa ice skating menjadi cabang olahraga (cabor) resmi pada PON berikutnya serta mencari talenta muda Indonesia untuk bisa ikut kualifikasi Olympic Winter Games. Ketua Umum (Ketum) FISI, Suzan Herawaty mengatakan ada dua disiplin yang dipertandingkan dalam laga ekshibisi ini yakni short track speed skating dan figure skating.

"Kami FISI Pusat berterima kasih kepada KONI Pusat yang selalu mendukung kami sampai hari ini kami melaksanakan eksibisi Pon XXI 2024 Aceh-Sumut. Teman teman liat tadi pemenang sudah terpilih untuk Senior Women dan Senior Men," katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan ice skating diharapkan bisa menjadi cabor resmi tanggal dipertandingkan pada PON yang rencananya akan digelar di Nusantara Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Adanya ekshibisi ini dapat melahirkan atlet muda nasional yang membanggakan di ajang internasional olimpiade. Ekshibisi ini dapat dipertanggungjawabkan agar PON selanjutnya ice skating ini dapat dipertandingkan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FISI Sumut Tjhin Seng Huat mengaku sejak FISI Sumut dilantik pada Maret 2024 lalu, ia sudah mendapat atlet-atlet muda berbakat di Sumut.

"Kami berhasil merekrut atlet yang pernah ikut Kejurnas (Kejuaraan Nasional) dengan ekshibisi PON juga dan berhasil meraih 3 medali perunggu di nomor short track untuk 500 meter, 1000 meter dan 1500 meter. Itu merupakan penyemangat kami di FISI Sumut untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya berharap dengan fasilitas yang ada di Sumut, bisa membentuk klub-klub untuk ikut Kejuaraan Daerah (Kejurda) lalu selanjutnya PON. "Kami berharap ada dukungan dari stakeholder di Sumut untuk mendukung kegiatan Ice Skating," tandas Tjhin Seng Huat.

Sekjend KONI Lukman Djajadikusuma memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FISI Pusat dan FISI Sumut atas suksesnya ekshibisi ini. Dia berharap, atlet-atlet Ice Skating Indonesia bisa ikut Olympic Winter Games dan juga Asian Winter Games.

"Harapan kami, bahwa atlet-atlet ice skating Indonesia bisa ikut Olympic Winter Games. Kami ikut memantau perkembangan atlet ice skating. Mengingat potensi atlet Indonesia yang bisa berbicara banyak di podium tingkat Asia maupun dunia," ujar Lukman.

Pihaknya pun siap membantu para atlet yang akan bertanding di tingkat nasional maupun internasional. "Ice skating diharapkan bisa menjadi cabor resmi dipertandingkan di PON berikutnya. Kami bisa berikan semacam coaching. Kami yakin nanti ada atlet Indonesia baik di nomor short track speed skating maupun figure skating mampu berbicara banyak di kancah internasional," pungkasnya.

Baca Juga

Rekomendasi