Plt Dirjen Pas Reynhard Silitonga Kunjungi Rutan Kelas I Medan, Cek Dapur Sehat

Plt Dirjen Pas Reynhard Silitonga Kunjungi Rutan Kelas I Medan, Cek Dapur Sehat
Plt Dirjen Pas Reynhard Silitonga Kunjungi Rutan Kelas I Medan, Cek Dapur Sehat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Reynhard Silitonga, bersama Direktur Pengamanan dan Intelijen Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dir Pamintel), Teguh Yuswardhie, melakukan kunjungan kerja ke Rumah Tahanan Negara Kelas I Medan, untuk melihat langsung keberhasilan program Dapur Sehat, Kamis (26/9).

Kunjungan mereka turut didampingi Direktur Perawatan Kesehatan Dan Rehabilitasi (DirWatKesHab), M Hilal, Kakanwil Kemenkumham Sumut, Anak Agung Gde Krisna, Kadivpas Kemenkumham Sumut, Rudy F Sianturi, dan Kadiv Imigrasi, Yan Wely Wiguna.

Inisiatif ini yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, bertujuan meningkatkan kualitas hidup para narapidana dengan menyediakan makanan bergizi.

Selama kunjungan, Reynhard memberikan apresiasi atas dedikasi Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Rutan dalam menjalankan program ini. Ia berharap Dapur Sehat dapat menjadi standar baru di seluruh Lapas/Rutan yang ada di Sumatera Utara, untuk memastikan setiap warga binaan pemasyarakatan mendapatkan hak atas makanan yang layak.

“Dengan program Dapur Sehat yang kami gagas selama ini, saya pastikan setiap warga binaan pemasyarakatan mendapatkan makanan yang layak dan bergizi,” ungkap Reynhard.

Reynhard juga terkesan dengan hasil pembinaan Bimbingan Kerja Rutan Kelas I Medan. Berbagai produk kreatif seperti kerajinan tangan, meubeler, tas dan sandal yang dihasilkan narapidana menunjukkan potensi besar mereka untuk kembali kemasyarakat sebagai individu yang produktif.

“Saya cukup terkesan. Berbagai produk unggulan mereka tidak hanya menunjukkan keterampilan yang mereka miliki, tetapi juga potensi mereka untuk berkontribusi pada perekonomian setelah bebas nantinya,” sebut Reynhard.

Sambil memegang tas produk hasil karya warga binaan Rutan Medan, Dirjen Pas menjelaskan, “Ini hasil produksi dari warga binaan dimana produk warga binaan ini tidak hanya diproduksi untuk kepentingan didalam tapi sudah bisa dijual keluar. Berdasarkan keterangan dari Karutan yang sudah membeli dan sudah berjalan di Hotel Grand Mercure.”

Dirjen Pas juga mengingatkan untuk selalu menerapkan 3+1 kunci Pemasyarakatan Maju dalam bekerja. “Selalu lakukan deteksi dini, berantas narkoba dan lakukan sinergi dengan aparat penegak hukum dan lingkungan sekitarnya.”

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi