Edy Rahmayadi Siapkan Program Penataan Kota, Sedimentasi hingga Asuransi Nelayan di Tanjungbalai

Edy Rahmayadi Siapkan Program Penataan Kota, Sedimentasi hingga Asuransi Nelayan di Tanjungbalai
Edy Rahmayadi Siapkan Program Penataan Kota, Sedimentasi hingga Asuransi Nelayan di Tanjungbalai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut 2, Edy Rahmayadi, menyiapkan gagasan pengelolaan kawasan pesisir laut di Kota Tanjungbalai, dengan melakukan sedimentasi.

Edy Rahmayadi menegaskan hal itu, tidak terlepas dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Tanjungbalai, yang menggantungkan hidup pada hasil laut.

"Saya ingin Tanjungbalai ini, menjadi kota kehidupan sejahtera bagi masyarakat," ujar Edy Rahmayadi saat kampanye tatap muka dengan ratusan masyarakat, di Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Kamis (24/10).

Edy Rahmayadi mengungkapkan sewaktu menjabat Gubernur Sumut periode 2018-2023, dirinya menyiapkan anggaran sebesar Rp 21 miliar di tahun 2021, untuk melakukan pengerukan pasir dalam laut di perbatasan atau muara antara laut dan sungai di Kota Tanjungbalai.

"Saya sudah mau menyewa kapal, untuk menyedot pasir itu. Saya beritahu anggaran tahun 2021, Rp 21 miliar biayanya," kata Edy Rahmayadi, mantan Pangkostrad itu.

Edy Rahmayadi mengatakan rencana baik untuk nelayan itu harus diurungkan, karena kedatangan tamu tidak diundang, yakni pandemi Covid-19. Sehingga anggaran tersebut dialokasikan ke penanganan Covid-19 di Sumut ini.

"Menguras atau sedimentasi, seharusnya disedot, jadi pas nelayan kalau keluar, dari sungai dia (nelayan) bisa jalan (kapal nelayan) tidak kandas. Jadi kuala (muara) itu harusnya bisa diatur. Itu tempo hari kita lakukan. Tapi anggaran harus dialokasikan ke Covid-19 tersebut," ujar Edy Rahmayadi.

Selain itu, penataan pesisir laut bertujuan mendukung keberlanjutan ekosistem pesisir. Edy Rahmayadi berkeinginan agar nelayan dapat melaut untuk mencari ikan dengan lancar. Karena bila air laut tidak pasang kapal nelayan kandas dan tidak bisa mencari ikan.

"Dengan melimpahnya hasil laut ini, bisa mendorong kesejahteraan nelayan di Tanjung Balai kedepannya. Disini pemerintah disini," jelas Edy Rahmayadi, mantan Ketua Umum PSSI itu.

Di sisi lain, Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut, Hasan Basri Sagala, jika terpilih di Pilgub Sumut 2024, juga menyiapkan asuransi kepada nelayan, yakni BPJS Ketenagakerjaan, seperti dilakukan Edy Rahmayadi di periode sebelumnya, sudah cover ribuan nelayan di Sumut ini.

"Baik kedepannya, seperti di Belawan, sudah ada pegang asuransi (BPJS Ketenagakerjaan), nanti di tangani Pemprov Sumut, saya bekerja untuk rakyat," kata Edy Rahmayadi.

Kemudian, Edy Rahmayadi juga menyiapkan program-program penataan infrastruktur di Kota Tanjungbalai, salah satu penanganan banjir rob di Kota ini. Sehingga kehidupan masyarakat terbebas dari banjir rob tersebut.

"Kita harus ditata semuanya di Kota Tanjung Balai, harus berkoordinasi antara Gubernur dan Wali Kota Tanjungbalai. Saya ingin beresi ini, ketika banjir rob, naik. Kalau diamankan begitu terus, berkudis disini," jelas Edy Rahmayadi.

Dengan keterbatasan APBD Kota Tanjungbalai sebesar Rp 65 miliar, Edy Rahmayadi mengatakan diperlukan kerja sama antara Pemprov Sumut dan Pemko Tanjungbalai kedepannya dalam penataan kota di daerah ini.

"Yang pastinya, tidak bisa berbuat apa-apa. Karena (anggaran) Rp 65 miliar. Di sebrang sana Malaysia sudah berkembang. Saya ingin membenahi tanjung (laut) itu, baru Balai kita benari, baru bisa tidur enak kita," ujar Edy Rahmayadi.

Di sektor pendidikan, Edy Rahmayadi mengatakan rata-ratanya masyarakat bersekolah 9,6 tahun. Sehingga pendidikannya baru lulus SMP. Sehingga mendorong pendidikan di Kota Tanjungbalai lulus SMA dan SMK atau 12 tahun.

Ditambahkan Edy Rahmayadi, ia juga menyiapkan dalam program prioritas pendidikan, seperti akan membangun SMK Perikanan hingga SMK Kesehatan.

"Termasuk saya akan penambahan dokter spealis dan perbaikan rumah sakit daerah di Kota Tanjungbalai. Peningkatan sekolah umum dan sekolah agama. Mari kita jadi Kota Tanjungbalai religius. Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau kita tidak bersatu, semua bisa kita kerjakan bersama," ucap Edy Rahmayadi.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi