Riset: Tokopedia Ciptakan 21.746 Lapangan Kerja di Sumut

Riset: Tokopedia Ciptakan 21.746 Lapangan Kerja di Sumut
Fredy (31), pemilik bedrock, yang fokus pada industri produk kebutuhan berbahan dasar kulit (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily (Medan) - Pengaruh Tokopedia terhadap perekonomian Indonesia juga tidak terlepas dari jumlah lapangan kerja yang berhasil diciptakan. Menurut riset LPEM FEB UI, selama 2018-2019, Tokopedia telah berhasil menciptakan 857 ribu lapangan kerja baru.

External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, lapangan kerja baru tersebut berasal dari penjual aktif Tokopedia yang berada di Aceh sampai Papua.

“Jumlah ini setara dengan 10,3 persen dari total lapangan pekerjaan baru untuk Indonesia pada tahun 2018. Sebanyak 309 ribu di antaranya bahkan menjadikan Tokopedia sebagai sumber penghasilan utama,” kata Ekhel di Medan, Kamis (5/12).

Persebaran lapangan kerja tersebut meliputi beberapa wilayah Indonesia, seperti DKI Jakarta (207.117 lapangan kerja), Jawa Barat (172.348 lapangan kerja), Jawa Timur (112.488 lapangan kerja), Sumatera Utara (21.746 lapangan kerja), Bali (25.699 lapangan kerja), Sulawesi Selatan (7.194 lapangan kerja), Nusa Tenggara Barat (3.001 lapangan kerja) dan sebagainya.

Ekhel menyebut, bersama lebih dari 6,8 juta masyarakat yang menjual lebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan, pihaknya telah menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia. 86,5 persen di antara jutaan penjual ini adalah pebisnis baru, 38,6 persennya kreator lokal.

“Di wilayah Sumut, jumlah penjual mengalami peningkatan sebanyak 112 persen dari tahun 2018 hingga 2019. Tingkat penjualan dari Sumut ke dalam provinsi mencapai 89 persen,” sebutnya.

Lewat berbagai inisiatif, Tokopedia senantiasa berupaya membantu kreator lokal untuk mendapat panggung lebih luas dan menjadi merek masa depan Indonesia, salah satunya Fredy (31), pemilik bedrock, yang fokus pada industri produk kebutuhan berbahan dasar kulit, seperti dompet, sarung paspor, organizer, dan suvenir lainnya di Medan.

“Perkembangan teknologi mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk kami sebagai pegiat UMKM di Medan, untuk dapat menciptakan peluang melalui platform teknologi. Kini usaha saya dapat menjangkau masyarakat dari Sabang sampai Merauke cukup melalui genggaman tangan,” ungkap Fredy.

Fredy telah menjual lebih dari seribu produk lewat Tokopedia. Peraih penghargaan Top 3 Kreator Lokal Medan dalam kompetisi kreator lokal MAKERFEST 2018 ini juga berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru, salah satunya bagi pengrajin lokal.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi