Indonesia Juara Umum Tenis di SEA Games 2019

Indonesia Juara Umum Tenis di SEA Games 2019
Christoper Rungkat/Aldila Sutjiadi mengangkat bendera Merah Putih setelah penyerahan medali emas di SEA Games 2019 di Filipina, Sabtu (7/12) (Analisadaily/Ramses Manurung)

Analisadaily (Manila) - Indonesia memastikan diri tampil sebagai juara umum pada cabang olahraga tenis di SEA Games 2019. Prestasi membanggakan ini diraih setelah Tim Tenis Indonesia meraih medali emas terbanyak, tiga emas dan dua perunggu.

Disusul Vietnam di posisi kedua dengan satu emas, dua perak dan tiga perunggu serta tuan rumah Filipina di urutan ketiga dengan satu emas, satu perak dan dua perunggu.

Hasil yang raih kali ini jauh lebih baik karena pada SEA Games 2017 di Malaysia, Indonesia hanya meraih satu emas dan satu perak.

Kesuksesan Indonesia menjadi juara umum setelahmeraih dua emas pada hari terakhir pertandingan tenis di Lapangan Tenis Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina, Sabtu (7/12).

Dua medali emas ini masing-masing dipersembahkan ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Priskila Rompies. Mereka merebut emas usai mengalahkan pasangan Thailand, Peangtam Pilpuech/Tamarine Tanasugarn dengan skor 6-3 6-3.

Dan pasangan ganda campuran Christoper Rungkat/Aldila Sutjiadi menekuk pasangan Thailand, Tamarine Tanasugarn/Sanchai Ratiwatana dengan skor 4-6, 6-4 (tie break 10-8).

Laga final ganda campuran yang menjadi penutup pertandingan tenis SEA Games 2019 berlangsung seru dan menegangkan. Karena, set pertama, duet Christo/Aldila harus mengakui keunggulan pasangan Tanasugarn/Ratiwatana dengan skor 4-6.

Namun di set kedua, Christo/Aldila bermain sangat baik. Mereka mematahkan servis Tanasugarn/Ratiwatana pada game ketujuh dan unggul 4-3.

Christo/Aldila berhasil memperbesar keunggulan menjadi 5-3. Duet Tanasugarn/Ratiwatana sempat mengejar dan mengubah skor menjadi 4-5.

Tetapi Christo dan Aldila menyudahi perlawanan dan menutup set kedua dengan skor 6-4. Pertandingan pun diselesaikan dengan babak tie break. Walau sempat tertinggal di awal, Christo/Aldila berhasil menang babak tie break dengan skor 10-8.

"Senang dan bangga bisa menyumbangkan dua emas dalam SEA Games kali ini," kata Aldila, yang sebelumnya juga berhasil meraih emas dari nomor tunggal putri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PB Pelti, Rildo Ananda Anwar, mengapresiasi keberhasilan Tim Tenis meraih tiga dari lima emas yang diperebutkan dalam SEA Games 2019.

"Luar biasa prestasi anak-anak. Saya senang dan bangga. Selain bermain sangat baik anak-anak juga memiliki mental yang kuat. Terbukti walaupun sempat ketinggalan, namun Christo/Aldila mampu mengejar ketertinggalan dan memenangkan pertandingan," ujar Rildo dengan raut wajah bahagia.

(RMS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi