Agus Andrianto Promosi Bintang 3, Dadang Hartanto Promosi Bintang 1

Agus Andrianto Promosi Bintang 3, Dadang Hartanto Promosi Bintang 1
Komjen Pol. Agus Andrianto (kanan) dan Brigjen Pol. Dadang Hartanto (kiri) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily (Jakarta) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Idham Azis menaikkan pangkat sejumlah perwira tinggi (pati) Polri.

Tiga pati berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) dinaikkan menjadi Komisaris Jenderal (Komjen), masing-masing adalah Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono, Komjen Pol. Agus Andrianto dan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Setelah naik pangkat menjadi Komjen, Gatot akan mengisi jabatan Wakapolri. Sedangkan Agus Andrianto dan Listyo Sigit telah lebih dulu dilantik sebagai Kabaharkam Polri dan Kabareskrim Polri.

Kapolri Idham Azis mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut. "Ini kita bisa melaksanakan dengan cepat proses kenaikan pangkat rekan-rekan yang beruntung," kata Idham di Aula Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (26/12).

Selain kenaikan pangkat dari Irjen ke Komjen, juga ada sembilan Brigadir Jenderal (Brigjen) yang dikukuhkan menjadi Irjen, dan 12 Komisaris Besar (Kombes) naik menjadi Brigjen.

Satu diantaranya adalah Kombes Dadang Hartanto yang menjabat Kapolrestabes Medan mendapat kenaikan pangkat jadi Brigjen Pol. Dadang Hartanto. Selain itu juga ada 90 orang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) naik menjadi Kombes.

Jenderal Idham menyatakan ada tiga momentum yang harus disyukuri dari kenaikan pangkat ini. Pertama, berterimakasih kepada Tuhan, kedua berterimakasih kepada institusi Polri, dan ketiga kepada keluarga.

"Semoga kenaikan pangkat ini akan memacu dan memotivasi rekan-rekan untuk berbuat dan mengabdikan diri yang terbaik bagi institusi Polri," ucap Kapolri.

"Kepada Ibu Bhayangkari, saya juga mengucapkan selamat, dukung terus bapak-bapaknya karena kehadiran ibu-ibu, motivasi ibu-ibu sangat dibutuhkan oleh bapak-bapak di dalam mengarungi kedinasan di institusi Polri ini," sambung Idham.

Untuk diketahui, kenaikan pangkat ini merupakan lanjutan dari keluarnya dua Surat Telegram yang diterbitkan oleh Kapolri melalui AS SDM Polri.

Untuk posisi Kabaharkam dan Kabareskrim tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP/2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019. Sedangkan Wakapolri tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3330/XII/KEP/2019 yang diterbitkan Jumat 20 Desember 2019.

Komjen Gatot Eddy menjadi Wakapolri menggantikan Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto yang sudah memasuki masa pensiun. Sebelumnya Gatot Eddy menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sementara itu posisi Kapolda Metro Jaya diisi oleh Irjen Pol. Nana Sujana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemudian Kapolda NTB akan diisi oleh Irjen Pol. Tomsi Tohir.

Sementara Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri diisi oleh Komjen Pol. Agus Andrianto setelah Komjen Pol. Firli Bahuri menjadi Ketua KPK.

Sedangkan Kabareskrim diisi oleh Komjen Pol. Listyo Sigit. Posisi itu sempat kosong satu bulan setelah Idham Azis diangkat menjadi Kapolri.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi