Bunga Bangkai Langka Mekar di Sibolangit

Bunga Bangkai Langka Mekar di Sibolangit
Yudha Pohan berfoto di samping bunga bangkai langka yang sedang mekar di Sibolangit (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily (Deli Serdang) - Bunga bangkai langka di Desa Tambunan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) mekar.

Seorang warga bernama Yudha Pohan mengatakan, bunga bangkai langka yang mekar jenis Amorphophallus titanium. Bunga bangkai ini tumbuh di sekitar kebun milik warga.

"Bunga bangkai itu ditemukan pertama kali oleh pemilik lahan, Arif Liasta Ginting," kata Yudha, Jumat (3/1).

Dijelaskan Yudha, penemuan bunga bangkai langka itu terjadi saat Arif hendak membersihkan lahannya. Kemudian pria 54 tahun itu kaget melihat bunga bangkai tumbuh di lahannya.

"Diperkirakan, bunga bangkai sudah sekitar empat hari mekar. Tingginya sekitar 1,4 meter," jelasnya.

Yudha menyebut, bunga bangkai dapat dilihat tumbuh secara sempurna dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. Pemilik lahan memperbolehkan masyarakat jika ingin melihatnya.

"Masyarakat bisa lihat, dan demi perawatan juga serta jaga lingkungan sekitar, pelajar dikutip Rp 10 ribu dan umum Rp 15 ribu," sebutnya.

Untuk diketahui, bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium saat ini berstatus terancam punah. Tanaman ini suku talas-talasan endemik Pulau Sumatera.

"Tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga dengan ketinggian sekitar 4 meter," terang Yudha.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi