Gunung Api Taal di Filipina Meletus

Gunung Api Taal di Filipina Meletus
Gunung api Taal di Filipina meletus (Rappler)

Analisadaily.com, Filipina – Gunung api Taal meletus dan mengeluarkan material vulkanik berupa uap, abu, dan batuan kecil setinggi hingga 1 Kilometer di Batangas, Filipina, Minggu (12/1).

Otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan dini agar warga dan turis segera mengevakuasi diri dari tiga wilayah yang paling dekat dengan kawah, yakni Tagaytay, Batangas, dan Cavite.

Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) telah menetapkan status bahaya level 4, yang berarti erupsi gunungapi Taal masih dapat berlangsung beberapa jam kemudian bahkan hingga berhari-hari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo menyampaikan, Phivolcs juga merekam adanya gempa bumi yang dirasakan hingga mengeluarkan suara gemuruh di sekitar kaldera dan sejumlah desa di Agoncillo, Batangas.

“Menurut keterangan resmi dari Phivolcs, muntahan material vulkanik menutupi wilayah Barat Daya. Hingga saat ini belum ada laporan terkait jatuhnya korban di wilayah terdampak,” kata Agus, Senin (13/1).

Pemerintah setempat menghimbau warga agar selalu mengenakan masker, mengingat abu vulkanik yang dikeluarkan akibat erupsi tersebut sangat pekat.

Berdasarkan laporan sementara, belum ada laporan mengenai abu vulkanik yang mencapai wilayah Indonesia dari wilayah perbatasan terdekat Filipina, Sangihe, di Sulawesi Utara.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi