Kunjungan Wisatawan ke Pulau Komodo Meningkat

Kunjungan Wisatawan ke Pulau Komodo Meningkat
Wisatawan menikmati Pantai Pink di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo di Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (The Jakarta Post/Asia News Network)

Analisadaily.com, Labuan Bajo - Kota Labuan Bajo merupakan pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo yang terkenal, dan wisatawan berkunjung ke sana meningkat disbanding tahun sebelumnya.

Menurut kepala Badan Pariwisata Manggarai Barat, Agustinus Rinus, ada 163.807 orang mengunjungi Labuan Bajo pada tahun 2018, sedangkan pada 2019 naik menjadi 184.206 pengunjung.

"Jumlah wisatawan ke daerah ini terus meningkat setiap tahun, yang sebagian besar memengaruhi pendapatan daerah," kata Agustinus di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa seperti dikutip Antara.

Pada tahun 2018, pendapatan Kabupaten Manggarai Barat dari biaya pariwisata dikatakan mencapai Rp 34 miliar (S $ 3,35 juta), dua kali lipat pada tahun 2019 menjadi Rp 60 miliar.

"Ini adalah kenaikan yang signifikan setelah upaya kami untuk mengekang kapal wisata yang membawa wisatawan ke tempat menyelam,” tambah Agustinus dilansir dari Asia One, Kamis (16/1).

Menurut data agensi, sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo mengagumi Komodo yang ikonis. Wisatawan itu datang dari berbagai negara, termasuk di antaranya berasal dari Jerman, Inggris, Spanyol, Australia dan negara-negara lainnya.

Editor:  Christison Sondang Pane

Baca Juga

Rekomendasi