Foxconn Gandeng Fiat Ciptakan Mobil Listrik

Foxconn Gandeng Fiat Ciptakan Mobil Listrik
Foxconn adalah salah satu produsen komponen smartphone terbesar di dunia (Gizmochina)

Analisadaily.com, China - Foxconn Technology Group adalah perusahaan yang bergerak di industri smartphone.

Perusahaan asal Taiwan itu merupakan pemasok utama Apple untuk pembuatan iPhone serta salah satu produsen komponen smartphone terbesar di dunia.

Namun tampaknya Foxconn tidak semata-mata berkutat di industri smartphone. Mereka membangun kerja sama dengan Fiat Chrysler Automobiles yang merupakan produsen mobil asal Italia dalam menciptakan mobil listrik di China.

Rencana pembuatan mobil listrik ini sudah diajukan ke Sistem Pos Observasi Pasar (MOPS) China. Baik Foxconn maupun Fiat masing-masing memiliki saham sebesar 50 persen.

Fiat Chrysler dan Foxconn bertujuan memproduksi kendaraan listrik massal di China yang kemudian berekspansi ke pasar luar negeri, terutama Asia Tenggara.

"Ini merupakan langkah yang tepat dari sudut pandang industri mobil karena China adalah pasar kendaraan listrik terbesar di dunia," dilansir dari Gizmochina, Minggu (19/1).

Kolaborasi dengan Foxconn juga akan membantu Fiat mendapatkan pijakan yang kuat di pasar China.

Sebelumnya Foxconn sudah pernah melakukan investasi dalam usaha yang berkaitan dengan kendaraan listrik. Namun ini akan menjadi pengalaman pertama mereka dalam mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik sendiri.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi