Daftar Perusahaan Dengan Nilai Merek Tertinggi

Daftar Perusahaan Dengan Nilai Merek Tertinggi
Amazon (Glassdoor)

Analisadaily.com, London - Perusahaan konsultan keuangan Inggris, Brand Finance, merilis 500 Most Valuable Global Brands.

Daftar tersebut berisi ranking perusahaan yang memiliki merek paling bernilai di dunia per Januari 2020.

Seperti diduga, perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat mendominasi enam tempat teratas, disusul perusahaan China yang menempati 3 posisi berikutnya. Daftar 10 besar ditutup oleh perusahaan Korea Selatan, Samsung.

Raksasa e-commerce, Amazon, muncul sebagai merek paling bernilai secara global dengan nilai merek melebihi $ 220,7 miliar.

Nilai perusahaan milik Jeff Bezos itu mengalami peningkatan 17,5% dari tahun lalu. Peningkatan ini disebabkan oleh ekspansi Amazon ke media streaming, konsumen elektronik dan logistik.

Google berada di posisi kedua dengan nilai merek diperkirakan lebih dari $ 159,7 miliar. Ini merupakan peningkatan 11,9% dari tahun sebelumnya.

Sedangkan di tempat ketiga ada Apple yang memiliki nilai merek lebih dari $ 140,5 miliar. Namun nilai Apple mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 8,5%.

Daftar perusahaan dengan nilai merek tertinggi
Posisi keempat hingga kesepuluh secara berurutan dihuni Microsoft ($ 117 miliar), Samsung ($ 94,4 miliar), Bank Industri dan Komersial China [ICBC] ($ 80,7 miliar), Facebook ($ 77,9 miliar), Wal-Mart (US $ 77,5) miliar), China Ping An (US $ 69 miliar) dan Huawei dengan nilai merek diperkirakan $ 65 miliar.

Juga patut dicatat bahwa perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi memiliki nilai tertinggi dengan total 46 perusahaan yang bernilai lebih dari $ 986,5 miliar.

Menurut wilayah, perusahaan di Negeri Paman Sam memiliki nilai tertinggi dengan 205 perusahaan bernilai lebih dari US 320,4 miliar. China berada di posisi kedua dengan 70 perusahaan dan total nilai merek $ 133,4 miliar.

Editor:  Eka Azwin Lubis

Baca Juga

Rekomendasi