Tingkatkan Pendapatan, Bapenda Palas Turunkan Tim Pemburu Pajak

Tingkatkan Pendapatan, Bapenda Palas Turunkan Tim Pemburu Pajak
Tim pemburu pajak saat melakukan apel di Kantor Bapenda Padanglawas, Kamis (301/1) (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas – Pelaksana tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah Padanglawas, Gunung Tua H Daulay dan jajarannya, melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah tahun 2020.

Salah satu di antaranya dengan menurunkan tim pemburu pajak ke seluruh desa guna melakukan verifikasi sekaligus menagih pajak yang selama ini masih belum tersentuh. Tim ini menargetkan sebesar Rp 72 miliar.

Gunung mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan semaksimal mungkin agar target yang ditetapkan tercapai.

"Jelas ini kerja keras, dan harus memiliki konsep dan pandangan yang sama dalam peningkatan PAD," kata Gunung kepada Analisadaily.com, Kamis (30/1).

Ia lanjut menjelaskan, tim yang diturunkan untuk memverifikasi ke setiap desa diwilayah 17 kecamatan se-Palas. Dalam tugasnya, tim memberikan informasi dan pengetahuan seputar PBB-P2 seperti apa itu PBB, dan manfaatnya.

Dalam keterangannya, ia pihaknya menumbuhkan kesadaran masyarakat dan memberikan pengetahuan mengenai PBB. “Kita sampaikan data PBB agar bisa lebih baik dan ada kepedulian serta tanggungjawab terhadap PBB -P2,” terangnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga tengah memperbaiki data PBB yang ada dan menghimpun data yang baru dari hasil verifikasi petugas.

Karena, permasalahan PBB di lapangan umumnya adalah datanya tidak valid, banyak data yang berubah, termasuk karena objek pajak meninggal dunia, sudah berganti, nama salah dan identitas ganda.

“Bagaimana cara memperbaikinya kita beri bimbingan pada petugas dan perangkat desa, kolektor untuk kemudahan agar wajib pajak lebih taat bayar pajak dalam mendukung pembangunan daerah," sambungnya.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi