Yamaha Mendukung Valentino Rossi 100 Persen

Yamaha Mendukung Valentino Rossi 100 Persen
Valentino Rossi saat menunggangi sepeda motornya (Speedweek)

Analisadaily.com, Italia - Juara Dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi mengatakan, ia ingin fokus hingga pertengahan tahun ini, dan kemudian baru memutuskan apakah akan melanjutkan karirnya.

Situasi berubah setelah Yamaha mempersiapkan dua pembalap mudanya, Maverick Viñales dan Fabio Quartararo untuk bertarung pada tahun 2020 dan 2021. Namun demikian, Yamaha meyakinkan, Rossi mendapat dukungan penuh jika dia ingin lanjut.

“Untuk alasan yang ditentukan, Yamaha meminta saya di awal tahun untuk membuat keputusan tentang masa depan saya. Saya berpegang pada apa yang saya katakan musim lalu dan mengatakan saya tidak ingin membuat keputusan tergesa-gesa dan mengambil lebih banyak waktu,” ujar Rossi dilansir dari Speedweek, Kamis (30/1).

“Setelah perubahan teknis baru-baru ini dan kedatangan kepala kru baru saya, tujuan pertama adalah menjadi kompetitif tahun ini dan melanjutkan karir sebagai pembalap MotoGP pada 2021,” sambungnya.

"Jika saya memutuskan untuk melanjutkan, saya senang Yamaha siap mendukung saya dalam segala hal dengan menawarkan saya sepeda motor dalam spesifikasi pabrik dan kontrak. Pada test drive pertama, saya akan melakukan yang terbaik untuk melakukan pekerjaan yang baik bersama dengan tim saya dan siap untuk awal musim,” ucapnya penuh semangat.

Direktur Tim Racing Yahama, Lin Jarvis menyampaikan, keputusan Rossi dapat dimengerti untuk pertama kali menguji daya saingnya di musim 2020 sebelum membuat keputusan untuk 2021. Itu sesuatu yang dihormati Yamaha dan sepenuhnya setuju dengannya.

“Kami sangat menghormati dan percaya penuh pada keterampilan dan kecepatan Rossi untuk musim 2020, tetapi pada saat yang sama, Yamaha harus merencanakan masa depan juga. Dengan enam pabrikan, permintaan di kelas MotoGP untuk cepat, talenta muda sangat tinggi akhir-akhir ini, akibatnya pasar pengemudi bergerak lebih awal dan lebih awal,” kata Jarvis.

Jarvis juga menekankan, adalah perasaan aneh untuk memulai musim dengan mengetahui, Rossi 2021 tidak akan berada di tim pabrik, tetapi Yamaha akan selalu ada untuknya. Apa pun yang dia pilih untuk masa depannya.

Ia bahkan menyebut, Yamaha menawarkan dua pilihan kepada superstar untuk melanjutkan kerja sama setelah 2020.

“Jika dia merasa nyaman dan terus berlomba, kami akan memberinya M1 dalam spesifikasi pabrik dan dukungan penuh dari sisi teknik. Jika ia memutuskan untuk mengundurkan diri, kami akan melanjutkan dan memperluas kerja sama kami di sepanjang lintasan, dengan program pelatihan untuk pembalap muda, Akademi Penunggang dan Yamaha VR46 Master Camp, dan dia sebagai duta merek,” tuturnya.

"Tapi itu semua hanya spekulasi, sekarang ini musim penuh di depan dan saya dapat meyakinkan para penggemar bahwa Valentino akan kami dukung 100 persen setiap hari sampai suatu hari dia akhirnya memutuskan untuk melepaskan helmnya," tegasnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi