Kakanwil Kemenkumham Sumut Tinjau Rutan Kabanjahe yang Terbakar

Kakanwil Kemenkumham Sumut Tinjau Rutan Kabanjahe yang Terbakar
Kanwil Kemenkumham Sumut didampingi Waka Polres Karo dan Ka Rutan Kabanjahe meninjau lokasi kebakaran, Rabu (12/2) sore (Analisadaily/Alex Ginting)

Analisadaily.com, Kabanjahe - Lebih dari tiga jam kebakaran Rutan Kelas IIB Kabanjahe baru berhasil dipadamkan.

Seluruh narapidana yang jumlahnya 410 juga sudah selesai dievakuasi ke ruang tahanan Polres Karo, Polsek Berastagi dan Polsek Tigapanah sekitar pukul 15.20 WIB.

Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Sutrisman, didampingi Wakapolres Karo, Kompol Hasian Panggabean dan Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Samson Bangun, meninjau lokasi kebakaran.

Hasian menyebut napi yang dievakuasi ke Polres Karo sejumlah 355 orang. Kemudian ke Polsek Tigapanah sebanyak 30 orang dan Polsek Berastagi 25 orang.

Perkiraan kebakaran di Rutan Kabanjahe berkisar 75 persen merusak bangunan. Bangunan yang tidak terbakar antara lain beberapa ruang tahanan serta rumah ibadah Oikumene Immanuel.

Sementara Sutrisman yang dikonfirmasi Analisadaily.com di lokasi kebakaran, Rabu (12/2) sore, belum bersedia berkomentar.

Catatan dari pihak Lembaga bahwa kapasitas Rutan berjumlah 145 orang. Sedangkan jumlah narapidana/tahanan saat terjadi kebakaran sebanyak 410 orang atau melebihi kapasitas hingga 265 orang.

Samson Bangun hanya membantah saat dikonfirmasi perihal isu kerusuhan napi sebelum kebakaran.

"Tidak ada (korban). Semua aman dan semua napi sudah dievakuasi ke Polres dan Polsek-Polsek," ujar Samson.

(ALEX/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi