Ditjen PAS Beberkan Pemicu Kerusuhan Rutan Kelas IIB Kabanjahe

Ditjen PAS Beberkan Pemicu Kerusuhan Rutan Kelas IIB Kabanjahe
Proses evakuasi para napi dari Rutan Kelas IIB Kabanjahe (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kabanjahe - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Kabupaten Karo, bergejolak. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari dalam blok kamar hunian berteriak-teriak.

Petugas rutan kemudian mencoba menenangkan WBP. Namun WBP malah menyerang petugas. Rusuh pun tak terelakan. WBP bergerak ke depan arah gedung perkantoran dan membakar gedung perkantoran.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Kabag Humas Ditjen PAS), Rika Aprianti menjelaskan, indikasi pemicu kerusuhan di Rutan Kabanjahe. Pemantik kejadian lantaran ada oknum WBP tidak terima atas upaya pemberantasan narkoba di dalam rutan.

"Ada yang tidak terima dengan yang dilakukan oleh petugas Rutan Kabanjahe," kata Rika, dalam keterangan resmi diperoleh Analisadaily.com, Rabu (12/2).

Sebelum kerusuhan terjadi, petugas rutan menggelar penggeledahan kamar hunian para WBP, sejak Rabu 8 Januari 2020. Hasil penggeledahan ditemukan narkoba jenis sabu-sabu seberat 30 gram milik 4 orang WBP.

Selanjutnya 4 orang WBP sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Tanah Karo. Petugas Rutan Kabanjahe terus melakukan giat penggeledahan kamar WBP. Upaya ini untuk mencegah narkoba tidak berada di dalam rutan.

"Kepala Rutan Kabanjahe hampir setiap hari melakukan penggeledahan kamar hunian WBP," sebut Rika.

Selanjutnya pada Selasa 11 Februari 2020, 4 orang WBP yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Tanah Karo tersebut dikembalikan ke Rutan Kelas IIB Kabanjahe.

"Sebanyak 4 orang WBP tersebut justru melakukan provokasi terhadap WBP lainnya supaya menentang penggeledahan yang dilakukan petugas rutan bersama Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe," sebut Rika.

Alhasil, pada Rabu 12 Februari 2020 sekitar pukul 12.00 WIB, WBP di Rutan Kabanjahe terprovokasi melakukan pemberontakan kepada petugas rutan. WBP juga terprovokasi melakukan pembakaran gedung perkantoran Rutan Kelas IIB Kabanjahe.

"Mereka menolak giat penggeledahan mencegah narkoba beredar di dalam rutan," tandasnya.

(RZD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi