Asap di Gedung DPR, Kapolda Metro Jaya: Tidak Ada Api

Asap di Gedung DPR, Kapolda Metro Jaya: Tidak Ada Api
Karyawan berjalan keluar ruangan saat terjadi kepulan asap putih di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Analisadaily.com, Jakarta – Kepala Kepolisian Daerah Metero Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana, menegaskan tidak ada api dalam peristiwa kepulan asap yang melanda gedung DPR RI, Senin (24/2).

Namun, kata dia, yang terjadi adalah system aerosol yang mengalami kerusakan (error system) sehingga secara tiba-tiba mengeluarkan asap dan terkesan terjadi kebakaran di Gedung Nusantara III DPR RI tersebut.

Karyawan berada di luar gedung nusantara saat terjadi kepulan asap di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Antara/M Rasyal Hhidayat/foc
“Jadi tidak ada api, saya ulangi tidak ada kebakaran, yang ada seperti tadi disampaikan, erros system. Sistem kebakaran yang digunakan di DPR RI pada lantai dua itu ada sekitar sepuluh aerosol, adad kemungkinan ini error,” papar Irjen Nana usai penyisiran asap di Kompleks Parlemen Republik Indonesia, Senayan Jakarta.

Irjen Nana menambahkan, sistem itu seharusnya bekerja saat adanya panas atau api. Namun karena rusak, sistem itu sangat sensitive pada panas ruangan.

“Mungkin dalam ruangan itu ada semacam panas sehingga system langsung bekerja. Karena memang sensitif,” tambah Irjen Nana dilansir dari Antara, Senin (24/2).

Tim Kepolisian Resort Metro Jakarta Pusat maupun Kepolisian Daerah akan terus mengolah tempat kejadian perkara untuk memastikan penyebab dari sistem yang rusak itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi