82 Warga Pangkalan Susu Keracunan Makanan

82 Warga Pangkalan Susu  Keracunan Makanan
Petugas medis memeriksa warga yang diduga keracunan makanan (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Langkat - Sebanyak 82 warga Dusun I Tungkam Jaya, Desa Pangkalan Siata, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, keracunan makanan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun 82 jemaat gereja HKBP yang mengalami keracunan, 6 diantaranya terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pangkalan Brandan setelah diperiksa oleh tim medis dari Puskesmas Pangkalan Susu.

Kapolsek Pangkalan Susu, AKP Ilham, ketika dikonfirmasi Analisadaily.com, Rabu (26/2), membenarkan kejadian tersebut.

Ilham menjelaskan, peristiwa keracunan makanan terjadi hari Selasa (25/2) sekitar pukul 23.00 WIB di Gereja HKBP Dusun I Tungkam Jaya, Desa Pangkalan Siata, Kecamatan Pangkalan Susu.

Menurutnya saat itu warga Dusun I Tungkam Jaya yang terdiri dari warga muslim dan warga kristen melakukan doa bersama untuk keselamatan warga di halaman gereja HKBP setempat.

Petugas medis memeriksa warga yang diduga keracunan makanan
Dalam doa bersama tersebut jemaat gereja yang beragama kristen menyajikan makanan berupa nasi dengan lauk olahan daging babi, sedangkan warga yang beragama islam menyajikan makanan berupa nasi dan lauk ayam kampung.

Setelah acara doa bersama selesai, seluruh warga menyantap makanan sesuai dengan yang disajikan masing-masing agama. Usai makan bersama selesai, seluruh warga kembali ke rumah masing-masing. Sebahagian jemaat gereja ada yang membawa pulang makanannya ke rumah.

Namun sekitar pukul 23.00 WIB, warga yang beragama kristen yang memakan makanan dari acara tersebut mengeluh sakit perut, muntah-muntah, pusing, mencret dan sebagian ada yang demam diduga setelah memakan makanan itu

Petugas medis memeriksa warga yang diduga keracunan makanan
Lalu, Rabu (26/2) sekitar pukul 09.00 WIB, sebanyak 82 warga yang diduga keracunan makanan berkumpul di Gereja GKPI untuk diperiksa kesehatannya oleh tim medis dari Puskesmas Pangkalan Susu.

Dari 82 warga yang diperiksa, enam orang harus dirujuk ke RSU Pangkalan Brandan yakni Paula Br Situngkit (50), Edi Sunarto Sinaga (12), Herlina Br Sijabat (40), Hotlen Br Sagala (68), Derita Br Sijabat (50) dan Tumiar Br Sagala (70). Semuanya warga Dusun I Tungkam Jaya Desa Pangkalan Siata, Kecamatan Pangkalan Susu.

Petugas juga menyita barang bukti berupa sisa makanan yang berasal dari tempat doa bersama. Berdasarkan keterangan warga yang diduga mengalami keracunan makanan, 82 warga yang mengalami keluhan kepala pusing, muntah-muntah, mencret dan demam setelah memakan olahan nasi dan lauk daging babi saat doa bersama di halaman gereja HKBP.

Sedangkan warga beragama islam yang ikut dalam acara doa bersama tersebut tidak ada mengalami keracunan makanan.

(HPG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi