Lapas Siborongborong Over Kapasitas Hingga 200 Persen

Lapas Siborongborong Over Kapasitas Hingga 200 Persen
Kelapas Siborongborong, Jaya Saragih, saat paparan kepada wartawan di Aula Lapas Siborongborong, Kamis (27/2) (Analisadaily/Candra Sirait)

Analisadaily.com, Siborongborong - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborongborong di Jalan Siliwangi No. 14 Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), dalam kondisi over kapasitas.

Hal itu disampaikan Kepala Lapas Siborongborong, Jaya Saragih, saat menggelar media gathering kepada wartawan di Aula Lapas Siborongborong, Kamis (27/2).

Menurutnya Lapas Siborongborong hanya mampu menampung 222 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Namun sekarang kita sudah over kapasitas, karena sekarang ada sekitar 615 penghuni Lapas Siborongborong. Padahal daya tampung Lapas Siborongborong sampai saat ini hanya 222 orang. Jadi over kapasitas mencapai 200%," kata Jaya.

Jaya menjelaskan jumlah petugas keamanan dan pegawai Lapas Siborongborong seluruhnya berjumlah 66 orang. Dari jumlah itu untuk pengamanan ada sembilan orang per regu.

"Regu ini akan bertugas mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB dan pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB," jelasnya.

Sementara rasio untuk melakukan pengamanan warga binaan, sambung Jaya, satu orang petugas hanya mampu mengawasi 10 WBP.

"Inilah kondisi kami di lapangan, ada perbandingan yang tidak seimbang antara petugas dengan warga binaan," ungkapnya.

Sebab itu Jaya akan menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat agar bisa memberikan penambahan petugas keamanan Lapas.

"Kami akan bermohon kepada pemerintah pusat agar diberikan penambahan petugas lapangan," tandasnya.

(CAN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi