Tekan Angka Kemiskinan

Pemprov Aceh Bangun 5.700 Rumah Layak Huni

Pemprov Aceh Bangun 5.700 Rumah Layak Huni
Penandatanganan kontrak pembangunan rumah layak huni dalam APBA 2020 Aceh (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) tahun ini akan membangun 5.700 unit rumah layak huni dengan anggaran senilai Rp 526,9 miliar.

Dinas Perkim Aceh juga sudah melakukan penandatanganan kontrak dengan rekanan pelaksana terkait pengerjaan rumah layak huni program tahun 2020 dalam upaya mempercepat pengentasan kemiskinan di Aceh.

Sebanyak 254 paket diantaranya ditandatangani dalam acara penandatanganan kontrak bersama proyek APBA 2020 yang disaksikan langsung Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Jumat (28/2).

Selebihnya, penandatanganan kontrak proyek dilakukan oleh Dinas Perkim bersama dengan rekanan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto mengatakan, pembangunan rumah layak huni merupakan program prioritas Pemerintah Aceh untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

"Rumah layak huni yang akan dibangun ini tersebar di seluruh kabupaten/kota di Aceh," kata Iswanto.

Tahun sebelumnya, jelas Iswanto, Pemerintah Aceh juga telah membangun 4.076 rumah layak huni untuk masyarakat miskin dan duafa. Total rumah layak huni yang sudah dibangun oleh Pemerintah Aceh periode 2017- 2019 adalah 5.348 unit.

Iswanto berharap, pembangunan rumah layak huni itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan di Aceh.

"Sebab, salah satu indikator kemiskinan adalah tidak tersedianya rumah yang layak huni," pungkasnya.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi