USU Siaga COVID-19, Rektor Imbau Terapkan PHBS

USU Siaga COVID-19, Rektor Imbau Terapkan PHBS
Surat Edaran Rektor USU. (Instagram/@official.usu)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) menerapkan siaga Novel Coronavirus (COVID-19) dengan mengeluarkan surat edaran tentang Siaga COVID-19 yang ditandatangani Rektor USU Prof Runtung, 3 Maret 2020.

Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokoler Elvi Sumanti membenarkan surat edaran tersebut.

"Iya, Pak Rektor mengimbau kita semua untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," ujar Elvi yang dikonfirmasi, Selasa (4/3).

Rektor USU dalam suratnya mengatakan, PHBS yang utama adalah mencucui tangan dengan sabun atau pembersih lainnya sesuai dengan standar WHO.

"Khususnya ketika memegang fasilitas umum atau berinteraksi dengan seseorang yang memiliki gejala infeksi saluran nafas (batuk, pilek, demam, sesak nafas)," katanya.

Kemudian memasak masakan hingga matang, meningkatkan daya tahan tubuh melalui pola makan gizi seimbang.

Rektor juga meminta sivitas akademika USU untuk tidak bepergian ke negara yang terdampak virus corona. Di antara negara itu adalah Cina, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Nepal, India, Sri Langka, Kamboja, Filipina, Finlandia, Italia, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Iran, Inggris, Belanda, Perancis, Belgia, Swedia, Spanyol, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Rusia.

"Bagi mereka yang baru pulang dari luar negeri, khususnya di negara-negara yang disebutkan di atas sebaiknya tidak berinteraksi dengan masyarakat dan keluarga. Setidaknya selama 14 hari dan bila terjadi gejala-gejala demam, batuk, nyeri, sesak nafas harap segera memeriksakan diri ke Poliklinik Paru RS USU," tegasnya.

Rektor juga meminta semua unit kerja di lingkungan USU untuk mensosialisasikan terkait pencegahan COVID-19, menyediakan fasilitas cuci tangan lengkap dengan sabun dan hand sanitizer dan menginstruksikan petugas kebersihan untuk selalu membersihkan fasilitas umum yang sering digunakan.

(BR)

Baca Juga