Akhyar Jadi 'Fotografer Keliling' di Acara Car Free Day

Akhyar Jadi 'Fotografer Keliling' di Acara Car Free Day
Akhyar Jadi 'fotografer keliling' acara Car Free Day (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menjadi ‘fotografer keliling’di arena Car Free Day dan Kawasan Kota Tua Medan. Ini dilakukannya demi mengikuti perlombaan hunting foto keliling (Foto On The Spot) dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan.

Pemerintah Kota Medan sejak lima tahun silam rutin melaksanakan Car Free Day setiap hari Minggu. Pelaksanaan Car Free Day sering dijadikan para komunitas menjadi ajang berkumpul antar sesama komunitas, bersosialisasi tentang program sosial kemasyarakatan, olahraga, dan pertunjukkan.

Beragamnya perkumpulan di tempat itu, membuat panitia HUT ke-16 PFI Medan tertarik menggelar lomba hunting foto dengan teman Foto On The Spot pada moment Car Free Day dan foto Kawasan Kota Tua Medan.

Lomba Foto On The Spot PFI Kota Medan dibuka Akhyar Nasutionpada Minggu (8/3) di Jalan Pulau Pinang, Medan.

Cara Akhyar membuka lomba hunting foto on the spot FPI Medan ini sangat berbeda, bahkan meninggalkan kesan bagi peserta lomba. Akhyar meminta seluruh peserta bergabung, dalam hitungan ketiga diambil fotonya dan disitulah tanda dibukanya lomba hunting foto.

"Saya bukanya, dengan cara saya foto ya, satu, dua, tiga, jepret. Lomba sudah dibuka, silahkan foto secantik-cantiknya Kota Medan," katanya sambil mengarahkan kameranya mengabadikan momen foto bersama peserta lomba.

Kepada peserta foto, Akhyar mengatakan foto adalah menceritakan masa kini yang nantinya dapat diceritakan untuk masa yang akan datang. Fotografi adalah hobinya sejak masih usia sekolah dasar, dan pernah membantu orangtuanya menjadi foto keliling.

"Semua kawan-kawan (Pewarta Foto Indonesia), yok bikin cantik Medan. Kawan-kawan pewarta bisa menggambarkan bahwa Kota Medan ini sesungguhnya cantik, hanya saja kita belum mengeksplor secara keseluruhan," jelasnya.

Di akhir kesempatannya, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada PFI atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Kalau ada kekurangan, akan kita perbaiki. Tapi sesungguhnya kota kita tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia," ucapnya.

Setelah para peserta berjalan hunting foto, Akhyar berjalan menyalurkan hobinya sejak SD, dengan memotret anak-anak muda dari komunitas parkour yang beratraksi di pintu utama Lapangan Merdeka.

Ketua Panitia HUT ke-16 PFI Medan, Prayugo Utomo mengatakan, selain workshop yang dilaksanakan hari ini, ragam kegiatan lainnya juga akan digelar lagi. Puncaknya pada Jumat (13/3) di Lapangan Merdeka.

"Di sana akan adakan pameran foto, bakti sosial, pameran foto hingga penyerahan hadiah pemenang lomba dan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) Medan 2020," jelasnya.

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, berharap di ulang tahun PFI ke 16 ini, akan semakin memotivasi pewarta foto, khususnya di Kota Medan agar lebih berkontribusi dalam memberikan pesan visual di masyarakat.

"Mari kita tingkatkan kompetensi dan kreativitas, perkuat silaturahim dan bersatu dalam fotografi," ujar Rahmad.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi