Pasien Pertama Corona di Indonesia Dinyatakan Sembuh

Pasien Pertama Corona di Indonesia Dinyatakan Sembuh
Menkes, Terawan Agus Putranto, memberikan jamu dari Presiden Jokowi kepada pasien corona yang telah dinyatakan sembuh (ANTARA FOTO/Humas Kementerian Kesehatan)

Analisadaily.com, Jakarta - Orang pertama di Indonesia yang dinyatakan positif corona (Covid-19) dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Setelah stabil dan diperbolehkan pulang ke rumah, pasien tersebut menyampaikan apresiasi kepada pihak yang merawat mereka selama ini.

Salah satu pasien meminta agar masyarakat mendukung korban yang positif terpapar corona secara moral. Diketahui, pasien 01 dan 02 merupakan anak dan ibu. Sedangkan pasien 03 merupakan kerabat dengan keduanya.

"Saya ingin mengimbau masyarakat dan media untuk mendukung pasien secara moral karena penyebaran informasi tidak akurat sangat mengganggu psikis kami," kata perempuan dilansir dari CNN, Senin (16/3).

Dia mengaku mendapat banyak pesan singkat yang bertanya mengenai kondisi kesehatan selama diisolasi.

"Saya juga minta masyarakat di luar jangan menghakimi pasien. Saya selama diisolasi seminggu nangis terus, saya baca dari media yang menyerang profesi kami sebagai penari," ungkapnya.

Selain itu, dia pun meminta pemerintah memberikan penghargaan kepada perawat yang selama ini menangani pasien terjangkit virus corona. Menurutnya mereka patut mendapatkan itu karena telah menjalankan tugasnya dengan baik meski berdekatan dengan virus corona.

"Saya mau menyampaikan bahwa saya bersyukur diisolasi di RSPI karena baik dokter, suster sangat membantu 24 jam. Saya ingin pemerintah memberikan penghargaan bagi mereka yang di garda depan. Karena mereka luar biasa kerjanya," tuturnya.

Pada awal Maret lalu, dua orang pasien pertama positif virus corona diduga melakukan kontak dengan WN Jepang yang lebih dulu terinfeksi.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi