Aceh Tolak Kedatangan Tiga Kapal Pesiar di Sabang

Aceh Tolak Kedatangan Tiga Kapal Pesiar di Sabang
Salah satu kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan mancanegara saat merapat di Pelabuhan Sabang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sabang - Pemerintah Aceh menolak rencana kedatangan kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara. Kebijakan itu diambil sebagai upaya antisipasi masuknya virus corona (Covid-19).

"Iya, kapal pesiar dari luar negeri akan singgah di Sabang, sudah dibatasi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, Senin (16/3).

Menurutnya ada tiga kapal pesiar yang ingin bersandar di Pelabuhan Sabang. Salah satu kapal mengangkut sekitar 1.500 wisatawan mancanegara pada kedatangan pertama.

Jamaluddin mengatakan Pemerintah Aceh sejauh ini baru membatasi wisatawan mancanegara yang masuk menggunakan jalur laut. Namun wisatawan yang datang via udara belum ada pembatasan.

Menurutnya dunia pariwisata sangat terdampak dari mewabahnya virus corona. Terlebih sudah ada puluhan kasus warga negara Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19.

"Bukan hanya Aceh, tapi juga seluruh dunia. Jamaah umrah saja sudah dihentikan, kita berharap virus corona dapat cepat ditangani agar semuanya bisa berjalan dengan normal seperti semula," ujarnya.

Sementara itu Pemko Sabang memutuskan menunda event Wonderful West Sumatera Rally 2020 yang rencananya dilaksanakan tanggal 15 Maret 2020.

"Kegiatan yang akan diikuti para yachter dari belasan negara telah dinyatakan ditunda sementara karena bagian dari kewaspadaan pemerintah setempat dalam mencegah wabah virus corona dalam masa pandemi," kata Wakil Walikota Sabang, Suradji Junus.

Suradji menjelaskan, Wonderful West Sumatera Rally 2020 direncanakan mengambil start di Sabang dan finish di Natuna.

"Pemko Sabang mengarahkan kepada para yachter yang sudah berada di Teluk Sabang dilakukan clearance di tempat dan selanjutnya segera meninggalkan Sabang," ungkapnya.

"Bagi yacht yang masih dalam perjalanan menuju Sabang agar diarahkan langsung melanjutkan perjalanan ke point berikutnya," sambung Suradji.

Suradji menyebut pihaknya sangat mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Kota Sabang. Namun saat ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, diharapkan menunda terlebih dahulu kedatangan para peserta yang akan mengikuti Wonderful West Sumatera Rally 2020.

"Mengingat Wonderful West Sumatera Rally 2020 ini para pesertanya berasal berbagai negara, alangkah baiknya agar dapat dijadwalkan ulang kegiatan tersebut," tukasnya.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi