Lion Air Group Hentikan Sementara Penerbangan ke Malaysia

Lion Air Group Hentikan Sementara Penerbangan ke Malaysia
Petugas bersiap melakukan proses sterilisasi pesawat Lion Air di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Analisadaily.com, Jakarta - Sejumlah maskapai penerbangan seperti Malindo Air, Lion Air, Batik Air dan Wings Air menghentikan sementara (suspend) penerbangan dari dan menuju Malaysia mulai hari ini sampai 31 Maret 2020.

Langkah ini guna mendukung pengendalian gerakan nasional yang dinyatakan oleh Pemerintah Malaysia.

Dalam gerakan itu Pemerintah Malaysia melarang warganya keluar negeri dan memberi batasan pada masuknya semua wisatawan dan pengunjung asing ke negara mereka.

Corporate Communications Strategic Lion Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, penghentian sementara dilakukan berdasarkan rekomendasi perusahaan serta melihat kondisi yang sedang berkembang dalam upaya menangkal (tindakan preventif) penyebaran virus corona (Covid-19).

"Lion Air Group sudah memberikan informasi perihal penundaan sementara kepada seluruh tamu atau penumpang," kata Danang di Jakarta, Rabu (18/3).

Menurutnya Lion Air Group memfasilitasi seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket dengan pengembalian dana (refund) menurut ketentuan berlaku serta akan diberikan pilihan untuk memindahkan tanggal perjalanan (reschedule) tergantung ketersediaan kursi.

"Kami senantiasa berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, regulator guna memantau perkembangan," jelasnya.

Menurutnya penghentian sementara penerbangan dilakukan dalam rangka mengutamakan faktor keselamatan awak pesawat, petugas layanan darat (ground handling) dan para penumpang.

"Lion Air Group tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional sesuai dengan standar operasional prosedur yang memenuhi persyaratan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first)," sebutnya.

Selama periode tersebut, Lion Air Group akan terus menyediakan konektivitas dengan mengoperasikan penerbangan domestik di Malaysia oleh Malindo Air antara Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu; Kuala Lumpur dan Kuching; Kuala Lumpur dan Penang; dan Kuala Lumpur dan Langkawi.

Untuk penerbangan dalam negeri, Lion Air, Batik Air dan Wings Air menawarkan pilihan rute perjalanan serta ketersediaan penerbangan lanjutan (connecting flight), seperti Medan, Padang, Palembang Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Makassar, Manado, Balikpapan, Jayapura serta kota-kota lainnya.

(TRY/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi