Pemkab Batubara Lantik 240 Kepala Sekolah

Pemkab Batubara Lantik 240 Kepala Sekolah
Pelantikan 240 kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Batubara, Jumat (20/3) (Analisadaily/Alpian)

Analisadaily.com, Perupuk - Bupati Batubara, Zahir, melalui Sekretaris Daerah Batubara, Sakti Alam Siregar, melantik 240 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aula Dinas Pendidikan Batubara, Desa Perupuk, Jumat (20/3).

Mereka yang dilantik meliputi mutasi sebanyak 84 orang, pengangkatan sebanyak 39 orang dan pengukuhan sebanyak 117 orang dengan jenjang UPTD SD Negeri 210 orang dan jenjang UPTD SMP Negeri sebanyak 30 orang.

Dalam sambutannya, Sakti Alam Siregar mengatakan bahwa mutasi ini merupakan hal penting mengingat adanya perubahan dan pembentukan kecamatan maupun desa serta pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) sehingga terjadi perubahan tata nama atau nomenklatur satuan pendidikan.

Menurutnya hal ini tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Batubara Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Satuan Pendidikan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara.

Sakti menyebut pengukuhan, mutasi dan promosi ini juga untuk mewujudkan kualitas dan mutu pendidikan yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Oleh karena itu penempatan ini merupakan perwujudan dari perhitungan konkrit tentang kapasitas Kepala UPTD satuan pendidikan dan keberadaan saudara sudah tidak diragukan lagi dalam mengemban dan melaksanakan tugas dengan baik dan semua harapan itu dapat saudara wujudkan dalam tindakan program dan kegiatan di satuan pendidikan masing-masing," ujar Sakti Alam Siregar.

Sebagai abdi masyarakat, sambungnya, Kepala UPTD Satuan Pendidikan harus siap dipindah ke satuan pendidikan lainnya tanpa syarat, sebab tugas utama guru adalah mengabdi kepada masyarakat melalui pengabdian dalam bidang pendidikan.

Dia juga mengingatkan bahwa saat ini dunia termasuk Indonesia sedang memerangi wabah virus corona (Covid-19) dan mengimbau agar bersatu padu dan bergotong royong, tolong menolong sehingga menjadi sebuah gerakan bersama melawan Covid -19.

"Selamat bertugas di tempat yang baru dan segera menyesuaikan dengan lingkungan baru, bekerja dengan tulus, bantu pendidikan kita di Batubara dari satuan pendidikan yang saudara pimpin masing-masing," imbaunya.

Usai pelantikan, Kepala Dinas Pendidikan Batubara, Ilyas Sitorus, mengatakan bahwa mutasi dan promosi merupakan konsekuensi Aparatur Sipil Negara, dan merupakan hal yang mungkin bisa terjadi kapan saja sesuai kebutuhan organisasi.

Menurut Ilyas semua yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu upaya mencapai tujuan yang pada hakikatnya bagaimana menciptakan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan pada semua jenjang.

Turut hadir dalam pelantikan itu Kepala BKD Batubara M. Daud serta pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan, BKD dan Kepala Satuan Pendidikan.

(AP/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi