Kadin Aceh Bagi-Bagi Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

Kadin Aceh Bagi-Bagi Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19
Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh akan membagikan sebanyak 12.500 paket sembako, berupa beras, minyak goreng, telur dan mie instan.

Sembako dibagikan untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak langsung dari upaya pencegahan COVID-19 dengan pemberlakuan jam malam dan pembatasan aktivitas di luar rumah yang dilakukan Pemerintah Aceh saat ini.

Paket sembako yang akan dibagikan, merupakan sumbangan pribadi Ketua Umum Kadin Aceh, Makmur Budiman, yang nilainya mencapai Rp 1,5 miliar untuk 12.500 rumah tangga sasaran. Akan didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Aceh mulai Selasa (31/3).

“Kami siap membantu Pemerintah Aceh. Secara pribadi saya akan membantu keluarga pasien yang dinyatakan positif COVID-19. Kadin kabupaten/kota juga sudah kita imbau untuk membuka posko bantuan,” kata Makmur Budiman, Senin (30/3).

Bantuan sembako akan dibagikan kepada keluarga penyapu jalan, penarik becak, pengemudi ojek online, pedagang kecil, dan tenaga medis golongan rendah. Gerakan ini merupakan langkah cepat yang diambil Kadin Aceh.

Juru Bicara Kadin Aceh, Hendro Saky menjelaskan, saat ini pihak Kadin provinsi dan kabupaten/kota tengah melakukan pendataan terhadap pihak yang akan memperoleh paket bantuan tersebut.

Ketua Panitia Kadin Aceh Peduli COVID-19, Muhammad Iqbal menambahkan, sebagai organisasi pengusaha, dan mitra pemerintah daerah, pihaknya menyadari upaya dan langkah yang ditempuh Pemerintah Aceh saat ini dengan larangan aktivitas di luar rumah, akan memunculkan konsekuensi logis, berupa dampak sosial dan ekonomi, terutama kelompok rentan.

Pihaknya membuka peluang dan mengajak pihak lain, terutama pengusaha nasional putra Aceh, dan juga pengusaha lainnya, serta BUMN dan sektor swasta, untuk menempuh langkah serupa, sebagai sumbangsih meringankan beban masyarakat kurang mampu di Aceh.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi