Pemkab Langkat Gelontorkan Rp 6,9 Miliar untuk Pencegahan COVID-19

Pemkab Langkat Gelontorkan Rp 6,9 Miliar untuk Pencegahan COVID-19
Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) COVID-19 Kabupaten Langkat, dr. M Arifin Sinaga (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Langkat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat menggelontorkan anggaran dana sebesar Rp 6,9 miliar untuk percepatan pencegahan virus corona COVID-19 di wilayahnya.

"Total dari Rp 6,9 miliar rinciannya sebesar Rp 1,3 miliar diambil dari Dana Tak Terduga (DTT) dan Rp 5,6 miliar lagi diambil dari anggaran Dinas Kesehatan serta rasionalisasi anggaran," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) COVID-19 Kabupaten Langkat, dr. M Arifin Sinaga, Senin (30/3).

Penggunaan dana yang baru digunakan untuk pembelian disinfektan sebanyak 120 liter, 13 thermo scanner, APD 40 set, serta perlengkapan fasilitas untuk warga yang dikarantina.

Arifin juga menerangkan, dana Rp 6,9 miliar tersebut saat ini belum bisa digunakan seluruhnya. Untuk yang sudah bisa digunakan baru DTT saja, senilai Rp 1,3 miliar.

"Jadi dana Rp 5,6 miliar dari anggaran Dinkes dan rasionalisasi anggaran, belum bisa dipakai. Sebab saat ini masih dalam penggodokan perubahan anggaran, agar bisa digunakan," ungkapnya.

Arifin kembali menegaskan, untuk 15 APD yang diberikan kepada 5 rumah sakit rujukan sementara, benar bantuan dari BNPB. Bantuan itu jauh hari sebelumnya memang telah dimohonkan Dinkes Langkat yang ditujukan kepada Kemenkes RI.

"Pengusulannya jauh hari, sebelum ditetapkan anggaran Rp 6,9 miliar pada RDP antara Komisi B DPRD Langkat dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Langkat, Senin (23/3) lalu," jelasnya.

Ke depan pihaknya juga akan membuka posko untuk mengumpulkan donasi bantuan, bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan sebagian rezekinya untuk percepatan pencegahan COVID-19.

"Posko ini tujuannya untuk menyatukan kekuatan, sebab menangani corona harus bergotong royong. Kita semua saling membutuhkan bantuan satu sama lain termasuk emerintah, dalam menghadapi situasi ini," pungkasnya. (hpg)

Teks foto/hery putra ginting

Jubir Satgas Covid-19 dr. M. Arifin Sinaga di posko Informasi Dinkes Langkat, Senin (30/3).

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi