COVID-19 Bukan Hambatan, YAGASU Tetap Produktif Walau Bekerja di Rumah

COVID-19 Bukan Hambatan, YAGASU Tetap Produktif Walau Bekerja di Rumah
YAGASU bekerja dari rumah via video conference (Anaisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Virus corona COVID-19 menjadi perhatian bagi masyarakat. Beberapa surat edaran dari pemerintah mengimbau kantor, sekolah, lembaga, sampai ruang terbuka untuk tidak dihadiri oleh banyak orang.

Hal tersebut salah satu langkah mencegah penyebaran COVID-19. Yayasan Gajah Sumatera (YAGASU) yang berlokasi di Jalan Sei Galang, Nomor 23-25 Medan, telah menerapkan konsep Work From Home(WFH) menyusul imbauan pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

Work from home atau bekerja dari rumah memang dianggap solusi yang terbaik di tengah merebaknya virus corona COVID-19 saat ini. Dengan kemutakhiran teknologi, bekerja tidak lagi perlu bertatap muka, karena semua bisa dilakukan secara online.

Program Director YAGASU, Meilinda Suriani Harefa selaku mengatakan, dalam kondisi seperti ini, prioritas pihaknya tentu adalah kesehatan serta keselamatan karyawan. Sebagian besar unit kerja YAGASU telah menerapkan split teamdan work from home.

“Sistem kerja kitalakukan melalui teknologi video conference,” kata Meilinda, Rabu (1/4).

Dengan memanfaatkan solusi video conference seperti Zoom Meeting, WhatsApp, Skype dan Google Meeting, komunikasi yang biasanya dilakukan di ruang rapat maupun kubikel kerja dapat dilakukan dari rumah masing-masing dengan mudah.

Layanan video conference ini disediakan tak hanya untuk internal karyawan YAGASU Medan, namun untuk memantau kegiatan beberapa karyawan yang juga berlokasi di kantor cabang Aceh, Jalan Teuku Di Anjong, Nomor 667 Gampong Jawa, Kota Banda Aceh, serta dengan Kolega YAGASU yang ada di wilayah yang sama dan para donor yang berada di luar Indonesia.

“Hikmah dari wabah ini juga memberikan pembelajaran kepada internal staf dalam manajemen dan proyek YAGASU untuk menjaga kebersihan, menjaga stamina, bekerja yang efesien dan efektif,” ujarnya.

Staf lapangan dan ketua kelompok pelaksana kegiatan di lapangan yang memiliki tanggungjawab pekerjaan teknis diwajibkan mampu berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi semaksimalnya.

Dalam kegiatan ini YAGASU biasa melaksanakan video conference sebanyak 2 kali seminggu. Layanan video conference ini juga telah didukung sistem keamanan yang terjamin sesuai dengan standar dan algoritma enkripsi yang kuat, sehingga telah menjadi solusi yang terintegrasi dan terpercaya.

Dengan penggunaan layanan video conference ini, perbedaan lokasi, jarak, dan waktu tak lagi menjadi hambatan aktivitas dalam bekerja. Koordinasi dan komunikasi karyawan, baik yang berada di lapangan maupun di rumah kini tidak lagi sebatas antar kubikel dan di ruang rapat, namun bisa dilakukan di mana saja.

“Harapannya COVID-19 ini akan segera berakhir, sehingga proses tatap muka dalam dunia pekerjaan dapat segera terlaksana. Sejauh ini YAGASU tetap menyambut baik saran pemerintah dan melaksanakan semua aturan yang disarankan guna kebaikan seluruh karyawan,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi