Cegah COVID-19, Masyarakat Gunung Tua Tonga Buat Ember Cuci Tangan

Cegah COVID-19, Masyarakat Gunung Tua Tonga Buat Ember Cuci Tangan
Kepala Desa Gunung Tua Tonga, Bata Oloan Harahap diabadikan bersama relawan desa saat pembuatan tempat cuci tangan (Analisadaily/Tohong P Harahap)

Analisadaily.com, Padanglawas Utara - Upaya pencegahan penyebaran virus corona COVID-19, Pemerintahan Desa Gunung Tua Tonga, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) merelokasikan anggaran Dana Desa (DD) untuk pembuatan tempat cuci tangan.

Kepala Desa Gunung Tua Tonga, Bata Oloan Harahap mengatakan, pembuatan tempat cuci tangan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

"Surat edaran tersebut menjadi dasar perubahan APBDes untuk menggeser pembelanjaan bidang dan sub bidang lain menjadi bidang penanggulangan bencana," kata Bata Oloan, Jumat (3/4).

Dirincikannya, tempat cuci tangan disebar di 15 titik yang dianggap menjadi tempat-tempat yang strategis di wilayah desa. Pihaknya telah menyusun tim membentuk relawan yang terdiri dari BPD, petugas desa, tokoh masyarakat, hingga para pemuda dan berkerja sama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibnas.

"Relawan desa tanggap COVID-19 memiliki beberapa tugas di antaranya melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19 seperti penyemprotan disinfektan, dan menyediakan tempat cuci tangan," pungkasnya.

Sebelumnya Pemerintahan Desa Gunung Tua Tonga melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di sepanjang jalan desa dan di rumah-rumah warga.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi