Ini Jadwal Terbaru Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020

Ini Jadwal Terbaru Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020
Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom, MKes (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan – Wabah Coronavirus di Indonesia membuat sejumlah kegiatan pendidikan tinggi ditunda, termasuk jadwal pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Perubahan jadwalnya menjadi Juni 2020.

"Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran UTBK melalui surat edaran tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020. Isinya berkaitan wabah COVID-19 yang belum mereda," kata Kepala Humas Universitas Negeri Medan (Unimed), Muhammad Surip, Rabu (22/4).

Berikut surat edaran tim pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang penundaan jadwal, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan, perubahan pelaksanaan UTBK yaitu materi tes yang diujikan adalah tes potensi skolastik (TPS), setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Lalu pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

"Jadwal kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 yaitu pendaftaran mulai tanggal 2-20 Juni 2020 dan pelaksanaan UTBK mulai 5-12 Juli 2020. Pengumuman SBMPTN 25 Juli 2020 mendatang," ujar Surip.

Sementara, Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom, MKes mengatakan agar setiap calon mahasiswa yang telah memiliki akun LTMPT dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin guna mengikuti pelaksanaan UTBK pada Juli mendatang.

"Para siswa harus belajar dengan sungguh-sungguh selama di rumah karena pemerintah telah memberikan kelonggaran waktu untuk mempersiapkan diri agar dapat lolos UTBK sehingga nantinya para siswa dapat diterima di kampus yang ditujunya," ucap Rektor.

Pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020. Materi tes UTBK yang diujikan merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan hal-hal lain sesuai dengan ketentuan yang telah diedarkan tersebut.

Untuk biaya pendaftaran bagi peserta pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK. Sementara untuk peserta non-KIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum. Lalu sebesar Rp 300 ribu untuk kelompok ujian campuran.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi