Dosen Unimed Gelar Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan di Pantai Labu

Dosen Unimed Gelar Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan di Pantai Labu
Foto bersama Tim Dosen Unimed dan masyarakat Desa Rantau Panjang pada kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Pantai Labu - Tim dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi, Prodi Biologi dan Prodi Gizi melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan menggelar Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (17/7/2022).

Kegiatan PKM dengan judul Pendampingan Peningkatan Ekonomi Keluarga Nelayan Melalui Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan menyasar masyarakat Desa Rantau Panjang yang tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Kegiatan yang dibuka langsung ketua tim PKM, Aswarina Nasution, M.Pd bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan terkait gizi pada pangan lokal masyarakat serta menambah keterampilan masyarakat dalam mengolah pangan lokal berupa ikan menjadi produk makanan yang enak dan bergizi yakni bakso ikan tanpa bahan pengawet.

"Hal ini sesuai dengan kondisi Desa Rantau Panjang yang memiliki sumber daya perikanan yang cukup banyak," ucap Aswarina Nasution.

Kegiatan PKM diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan pemberian materi gizi pada pangan lokal oleh Erni Rukmana S.Gz., M.Si serta pelatihan pembuatan bakso ikan oleh Dian Agustina Dalimunthe, S.Pd., M.Pd.

Pendamping PKH, Ramlan Sungkawan, M.Pd menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat Desa Rantau Panjang untuk mampu dalam menyediakan makanan enak dan bergizi di rumah sekaligus mandiri dalam memperoleh pendapatan tambahan melalui penjualan bakso ikan.

Penyerahan bantuan alat pembuat bakso ikan
Kegiatan PKM diakhiri dengan penyerahan bantuan alat pembuat bakso ikan dari Tim dosen Unimed Medan kepada masyarakat Desa Rantau Panjang.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi