Destinasi Desa Wisata Gampoeng Nusa

Destinasi Desa Wisata Gampoeng Nusa
Gampoeng Nusa (Analisadaily/Rianza Alfandi)

Analisadaily.com, Aceh - Gampong Nusa adalah sebuah desa wisata yang ada di kecamatan Lhoknga, kabupaten Aceh Besar. Banyak yang tidak menyadari Gampong Nusa telah menjadi aset berharga bagi Tanah Rencong, karena keindahan alamnya.

Saat menapakan kaki di gampong (desa) ini, kita akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah, seperti hamparan sawah serta pemandangan bukit barisan yang memagari desa tersebut, tak hayal lukisan tuhan tersebut mampu membuat kita terpukau.

Untuk menuju Gampong Nusa hanya dibutuhkan sekitar 20 menit waktu perjalan dengan jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Gampong Nusa ini adalah salah satu desa yang bangkit dari keterpurukan, karena desa ini merupakan salah satu desa yang parah terkena dampak tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Gampong Nusa (Analisadaily/Rianza Alfandi)
Gampong Nusa salah satu desa dengan konsep wisata berbasis masyarakat. Banyak hal unik yang akan kita jumpai di Gampong Nusa, seperti barang-barang yang berbahan sampah organik, jamuan khas Aceh, penginapan serta bonus pemandangan yang asri dengan nuansa perkampungan.

Pengunjung yang hadir ke desa wisata ini tidak hanya wisatawan lokal, tak jarang turis mancanegara pun juga turut menapakkan kaki di desa ini, terlebih para wisatawan dari negara tetangga, Malaysia.

"Datang kesini membuat saya banyak belajar bagaimana suatu desa bisa tampak indah jika kita bisa menjaganya," kata Fakhrurrazi, seorang pengunjung, Senin (27/4).

Gampong Nusa (Analisadaily/Rianza Alfandi)
Ikon rumah adat Aceh atau dikenal dengan 'Rumoh Panggong' menjadi salah satu keunikan yang kita dapatkan di desa wisata Gampong Nusa. Untuk masuk kedalam rumah adat tersebut, pengunjung hanya perlu membayar Rp 20.000 per orang.

Di dalam rumah adat tersebut kita bisa menjumpai berbagai barang antik yang mencerminkan masyarakat Aceh seperti, piring bercorak, alat bertani serta interior khas masyarakat Aceh.

Selain keadaan perkampungan yang terlihat menarik, wilayah Gampong Nusa juga menyajikan pemandangan nan elok, yakni lokasi perbukitan yang dipagari bukit barisan.

Sunset di Gampong Nusa (Analisadaily/Rianza Alfandi)
Perbukitan yang berjarak sekitar 1 kilometer dari perkampungan tersebut sering dimanfaatkan sebagai objek wisata berkemah. Tak jarang berbagai kegiatan kemah sering diadakan di lokasi tersebut.

Perbukitan yang ditumbuhi rumput tipis tersebut juga sangat disarankan sebagai lokasi untuk memburu sunset. Hingga kini, Gampong Nusa merupakan salah satu objek wisata yang satu-satunya di Banda Aceh dan Aceh Besar yang menawarkan objek wisata bernuansa perkampungan pada umumnya.

Berita kiriman dari: Rianza Alfandi

Baca Juga

Rekomendasi