Gempa Bumi di Padanglawas Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi di Padanglawas Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi (Pixabay/Tumisu)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5.6 Skala Richter mengguncang Wilayah Padang Lawas, Sumatera Utara, Kamis (30/4) pukul 15.20 WIB.

Dari hasil analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5.6 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi M=5.1.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.19 LN dan 99.46 BT, atau tepatnya di darat 24 km Barat Laut Padang Lawas-Sumatera Utara pada kedalaman 16 km," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui keterangan resminya, Kamis (30/4) sore.

Rahmat menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi jenisnya gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strikeslip)," kata Rahmat.

Menurut dia, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Aek Godang, Pinang sori dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami," tambahnya.

Hingga pukul 16.00 WIB, lanjutnya menjelaskan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Namun BMKG mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali kedalam rumah," imbau Rahmat.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi