Kebakaran Kapal Tanker, Irjen Martuani: Kecelakaan Kerja

Kebakaran Kapal Tanker, Irjen Martuani: Kecelakaan Kerja
Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin, memberikan keterangan usai melihat korban kebakaran Kapal Tanker MT Jag Leela di RS Bhayangkara. (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kepolisian Daerah Sumatera Utara merampungkan proses identifikasi jenazah korban terbakarnya Kapal Tanker MT Jag Leela yang terbakar di Belawan.

Jenazah yang sudah teridentifikasi langsung diserahkan oleh Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin kepada pihak keluarga.

Irjen Martuai mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan atas kebakaran itu.

"Untuk sementara, Polda Sumut menetapkan ini adalah kecelakaan kerja. Namun untuk meneliti asal usul api, tim labfor akan membuktikannya," kata Irjen Martuani di RS Bhayangkara Medan, Selasa (12/5) malam.

Martuani juga menyampaikan, jika pihaknya sampai saat ini belum bisa melakukan penyelidikan ke dalam kapal. Karena, suhu di dalam kapal masih sangat tinggi. Ia mengaku tidak ingin membahayakan anggotanya.

"Hingga hari ini, tim dari Puslabfor Cabang Medan belum bisa masuk ke lokasi karena belum memungkinkan. Kondisi masih panas di dalam. Sehingga kita tim yang akan memeriksa penyebab kebakaran belum bisa masuk," ujarnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu 24 jam, kondisi kapal sudah mendingin, maka tim kita bisa masuk," sambungnya.

Martuani memastikan, proses identifikasi jenazah korban dilakukan secara profesional. Pihaknya tidak mau sampai salah menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga.

Selain 7 korban meninggal, insiden kebakaran itu menyisakan 22 korban selamat. Sebanyak 15 orang dirawat jalan dan 7 orang rawat inap.

"Sampai sekarang seluruh ABK dan yang bekerja di docking sudah lengkap. Tapi tim kami akan memastikannya kembali besok ke TKP," tandasnya.

Adapun data korban yang sudah teridentifikasi yang meninggal dunia kebakaran Kapal MT Jag Leela di Belawan sebagai berikut:

1. Imam Maulana (lk) usia 23 thn, alamat jln S. Parman Medan.

2. M. Nur Kasim Siregar (lk) usia 37 thn, alamat Kota Rantang Hamparan perak, Deli Serdang.

3. Bahtiar Asmawi Siregar (lk) usia 28 thn, alamat Kota Rantang Hamparan perak Deli Serdang.

4. Iswondo (lk) usia 46 thn, alamat jln. Prihatin Lingkungan 6 Medan.

5. Buchari (lk) usia 34 thn, alamat Jln. Yoong labuhan Deli Medan Marelan.

6. Iwan Setiawan Hasibuan (lk) usia 32 thn, alamat Kampung kolam ling. IX Belawan Bahagia.

7. Sandi Nova (lk) usia 24 thn, alamat Ling. 16 Rengas Pulau Medan Marelan.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi