Perpanjangan Libur di Deli Serdang Tunggu Instruksi Mendikbud

Perpanjangan Libur di Deli Serdang Tunggu Instruksi Mendikbud
Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Timur Tumanggor (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Timur Tumanggor, belum bisa memastikan apakah masa libur sekolah bagi siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama masa pandemi Covid-19 akan diperpanjang lagi.

"Belum ada instruksi dari Mendikbud. Kita tinggu dulu arahan dari Mendikbud," terang Timur saat dikonfirmasi, Senin (18/5).

Masa belajar di rumah (libur) karena pandemi Covid-19 di Kabupaten Deli Serdang berlaku sampai 29 Mei 2020 mendatang.

Namun situasi bencana nasional itu sampai kini terus menunjukkan grafik peningkatan sehingga diprediksi masa belajar di rumah akan diperpanjang lagi.

"Kita masuk sekolah tanggal 29 Mei nanti. Setelah raya Idulfitri. Tapi melihat situasi yang terus berkembang, belum bisa kita pastikan. Pastinya menunggu instruksi dari Mendikbud," jelas Timur.

Daring

Menyikapi proses belajar dan mengajar selama masa pandemi Covid-19, Timur menjelaskan pihaknya masih tetap memberlakukan belajar secara daring melalui fasilitas teknologi yang memungkinkan komunikasi antara guru dengan murid tetap terjalin.

"Belajar kita saat ini menggunakaan daring melalui grup-grup WA (fasilitas whatsApp)," ungkapnya.

Timur mengakui, bagi siswa di pedesaan mengalami kendala belajar secara daring karena tidak memiliki alat komunikasi android atai lainnya. Karenanya menyiasati kondisi itu, sistem kunjungan guru ke rumah siswa juga menjadi alternatif agar proses belajar tetap berjalan.

"Memang sistem belajar daring ini tidak maksimal. Tapi ini karena kondisi pandemi corona," tandas Timur.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi