Penumpang Pesawat dari Malaysia Diperiksa Ketat

Penumpang Pesawat dari Malaysia Diperiksa Ketat
Para penumpang pesawat dari Malaysia tiba di KNIA langsung periksa kesehatan, Kamis (21/5) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - Para penumpang pesawat Air Asia dari Malaysia total 83 orang yang tiba di Bandara Kualanamu diperiksa secara ketat sesuai prosedur protokol kesehatan dan diisolasi mandiri di rumah.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II, Bandar Internasional Kualanamu, Djodi Prasetyo menerangkan, awalnya diperkirakan 150 orang WNI, namun yang datang 83 orang dengan rincian, pria 27 orang, perempuan 54 dan anak-anak 2 orang.

Kata dia, manajeman Kantor Cabang PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu memfasilitasi kedatangan penumpang yang tiba dari luar negeri.

“Mereka yang datang seperti biasanya harus menjalani pemeriksaan protokol kesehatan secara ketat dan intensif," ucap Djodi, Kamis (21/5).

Ia menambahkan, pemeriksaan terhadap penumpang pesawat khususnya yang tiba dari luar negeri dilakukan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu.

"Stakeholder di Bandar Udara Internasional Kualanamu melakukan peningkatan di berbagai aspek untuk mendukung KKP tetap dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan tetap memperhatikan physical distancing," sambung Djodi.

Sebelumnya para WNI tiba di KNIA menggunakan pesawat Air Asia dengan nomor Flight AK 397/396. Dilakukan pemeriksaan secara ketat sesuai prosedur protokol kesehatan di Terminal Kedatangan Internasional.

KKP KNIA sendiri telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat yaitu: melakukan wawancara; pemeriksaan suhu, tanda dan gejala Covid-19; pemeriksaan saturasi oksigen; dan pemeriksaan rapid test dan/atau PCR.

Bagi WNI yang memiliki sertifikat menyatakan bebas Corona dapat juga menunjukkan sertifikat tersebut kepada personel KKP untuk penanganan lebih lanjut. Secara detail, protokol kesehatan yang dijalankan di pintu masuk Indonesia terdapat di dalam surat edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi