Jokowi Tidak Gelar Open House Saat Idul Fitri

Jokowi Tidak Gelar Open House Saat Idul Fitri
Presiden Joko Widodo mengikuti KTT ASEAN Plus Three secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020). (ANTARA FOTO/Biro Pers - Lukas/hma/hp.)

Analisadaily.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta jajarannya tidak akan menggelar open house saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, sebagai sikap pemerintah untuk merapkan physical distancing di semua aktifitas.

"Idul Fitri nanti presiden dan jajarannya tidak akan mengadakan open house. Tidak pernah ada pembahasan dalam rapat terkait rencana open house," kata Staf Khusus Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia, dilansir dari Liputan6.com, Jumat (22/5).

Dijelaskannya, open house memungkinkan terjadinya pertemuan massa dan interaksi jarak dekat, sehingga berpeluang terjadinya penyebaran virus secara cepat. Hal ini dihindari oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, kemudian diikuti oleh seluruh jajaran.

"Bersilaturrahmi bisa dilakukan secara daring pada saat Lebaran, tanpa harus memaksakan diri untuk melakukan pertemuan fisik," jelasnya.

Disebutkan Angkie, Presiden Jokowi memahami momentum Lebaran adalah adanya kegiatan saling berkomunikasi secara langsung untuk bermaaf-maafan dengan orang terdekat. Tetapi situasi saat ini belum memungkinkan untuk dilakukan.

"Prioritas pemerintah kepada kesehatan sangat tinggi, sehingga aktifitas seperti open house yang biasa diadakan harus diurungkan," terangnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi