Lebaran Tanpa Mudik, Silaturahmi dengan Teknologi Komunikasi

Lebaran Tanpa Mudik, Silaturahmi dengan Teknologi Komunikasi
Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Sebagai bagian dari ikhtiar mencegah penularan virus corona (Covid-19), Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengimbau seluruh masyarakat Aceh agar tidak pulang kampung saat merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Nova mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai sarana silaturrahmi saat lebaran tahun ini.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Plt Gubernur Aceh melalui video singkat yang disebarluaskan oleh Biro Humas dan Protokol Setda Aceh melalui media sosial, Sabtu (23/5).

Nova mengingatkan masyarakat agar menunda mudik atau pulang kampung saat merayakan Idul Fitri tahun ini agar virus Covid-19 tidak menyebar hingga ke gampong-gampong (desa-desa).

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh dimanapun berada agar tidak pulang kampung pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Untuk menjaga ukhuwah, menjalin silaturahim dan pengobat rindu kepada sanak keluarga, mari kita manfaatkan teknologi komunikasi yang ada. Dengan demikian, silaturrahmi tetap terjalin, penyebaran Covid-19 InshaAllah dapat kita cegah," ujar Nova.

Sebagai muslim, sambung Nova, selain dituntut untuk meningkatkan kesabaran, juga diwajibkan melakukan berbagai upaya pencegahan. Karenanya, untuk mencegah pandemi Covid-19, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah.

Mulai dari imbauan sosial distancing, physical distancing, penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 hingga peraturan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar. Hal ini membuat kebiasaan Ramadan sedikit berbeda dengan sebelumnya.

"Pandemi Covid-19 membuat Ramadan tahun ini terasa berbeda dengan Ramadan di tahun-tahun sebelumnya. Kebiasaan dan tata cara beribadah pun sedikit berbeda dengan Ramadan di tahun sebelumnya. Hal ini dirasakan juga oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Walaupun tidak begitu signifikan, namun kita di Aceh juga merasakan hal yang sama," terangnya.

Sebagaimana diketahui, tak hanya dari sisi ibadah, Covid-19 juga berimbas pada sektor ekonomi masyarakat. Banyak orang kehilangan mata pencaharian, sehingga mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial yang semakin besar di tengah-tengah masyarakat.

Menyikapi dampak ekonomi dan sosial tersebut, Pemerintah Aceh bersama pemangku kebijakan terkait telah menempuh beberapa langkah strategis. Diantaranya adalah Social Safety Net dalam bentuk bantuan bahan pokok yang diberikan kepada masyarakat terdampak dan pelaksanaan pasar murah di seluruh Aceh.

"Kita tentu berharap langkah tersebut akan mengurangi dampak ekonomi dan sosial dalam kehidupan masyarakat Aceh. Sebagai muslim, kita menyadari bahwa berbagai permasalahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19 ini merupakan musibah sebagai ujian yang datang dari Allah," imbuh Nova.

Nova meyakini, sebagai masyarakat yang terkenal religius, masyarakat Aceh akan sanggup menghadapi musibah ini dengan penuh kesabaran. Apalagi Ramadan sebagai madrasah spiritual sebentar lagi akan berlalu.

"Selain mengajarkan kesabaran, Ramadan juga mendidik kita menjadi hamba yang selalu bersyukur atas nikmat Allah. Syukur yang benar adalah dengan menikmati hidup hanya untuk membesarkan asma Allah dan menyayangi hamba-hamba-Nya. Jadi, mari menunjukkan rasa syukur kita dengan berbagi kebahagiaan pada saudara se-iman yang membutuhkan uluran tangan kita," jelas Nova.

"Atas nama pribadi, saya, keluarga dan Pemerintah Aceh, mengucapkan Selamat Menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga Ramadan menempa kita menjadi pribadi yang mutaqin dan Idulfitri tahun ini menghantarkan kita kembali ke fitrah kemanusiaan," pungkasnya.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi