14 Mall di Medan Buka, Tapi Terapkan Protokol Kesehatan

14 Mall di Medan Buka, Tapi Terapkan Protokol Kesehatan
Para pengujung salah satu pusat perbelanjaan di Medan terlihat sedang antri untuk mencuci tangan sebelum masuk ke area yang dituju, Kamis (28/5). (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 14 pusat perbelanjaan modern di Kota Medan tetap buka di tengah pandemi Covid-19. Namun, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Dewan Pengurus Daerah Sumatera Utara mengatakan, pusat perbelanjaan tersebut harus menerapkan protokol kesehatan dan penerapan konsep 'New Life'.

Wakil Ketua APPBI DPD Sumatera Utara, Liany Simatupang mengatakan, saat ini jumlah anggota APPBI DPD Sumut beranggotakan 19 mal. Dari jumlah itu, 14 tetap buka sejak April 2020 dan 5 anggota APPBI beroperasional secara terbatas untuk tenant yang menjual kebutuhan pokok dan farmasi seperti, Sun Plaza, Medan Fair, Lippo Plaza dan lainya.

"Ke-14 Mal tersebut yakni, Centre Point, Berastagi, Cambridge City Square Medan, Delimas Plaza, Medan Mall, Milenium ICT Center, Olympia Plaza, Plaza Medan Baru, Thamrin Plaza, Medan Focal Point, Manhattan Times Square, Ring Road City Walk dan Delipark Podomoro," kata Liany, Kamis (28/5).

Namun, meskipun buka mereka tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Keseluruhan mal tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan kedepan akan tetap aktif dengan penerapan konsep New Normal Life dari pemerintah," ucap Liany.

Liany yang juga General Manager Mall Centre Point itu menegaskan, standart prosedur yang diterapkan mal dalam penanganan Corona, antara lain pemeriksaan suhu tubuh di setiap akses masuk mal Centre Point.

Kemudian, menggunakan antiseptic yang telah disediakan, menerapakan wajib menggunakan masker dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitas.

"Kemudian, menerapkan social and physical distancing selama melakukan kegiatan dan aktivitas belanja. Memberlakukan dan menerapkan regulasi dalam penggunaan fasilitas lift dan escalator," terangnya.

Terkait jumlah pengunjung disituasi pandemi ini, menurut Liany, pastinya mempengaruhi minat pengunjung dalam berbelanja. Pihak mal dapat kita meredam masyarakat untuk lebih mementingkan kesehatan dan keselamatan.

"Sesuai dengan surat edaran pemerintah dalam penanganan Covid-19, kami memberlakukan pembatasan kapasitas pengunjung sesuai dengan skala luas dari wilayah bisnis Mall Centre Point. Untuk kegiatan yang dapat menimbulkan antusias masyarakat akan kami tiadakan penyelenggaraannya," jelasnya.

Marcomm Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun Manalu menambahkan, sampai saat ini Lippo Malls Group di Sumut masih melakukan pembatasan jam buka. Hal ini diharapkan dapat mengurangi mobilitas warga dan melindungi masyarakat dari dampak Covid-19.

"Buka pukul 11.00 - 18.00 WIB kecuali Transmart Carrefour sampai pukul 20.00 WIB," Yun Manalu.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi