Polda Sumut Perpanjang Masa Operasi Ketupat Toba 2020

Polda Sumut Perpanjang Masa Operasi Ketupat Toba 2020
Mapolda Sumut (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) memperpanjang masa Operasi Ketupat Toba 2020 hingga 7 Juni mendatang. Hal tersebut merupakan instruksi dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

"Perpanjangan Operasi Ketupat Toba 2020 merupakan instruksi langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Aziz," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Kamis (28/5).

Tatan menuturkan bahwa perpanjangan masa Operasi Ketupat Toba 2020 untuk mengantisipasi pemudik masuk ke Sumut, serta upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Tetap dalam Operasi Ketupat Toba 2020 fokus mengantisipasi pemudik masuk ke Sumut, sebagai bentuk pencegahan Covid-19," tuturnya.

Tatan mengungkapkan, dalam Operasi Ketupat Toba 2020, Polda Sumut menurunkan 11.000 personel yang ditempatkan di pos-pos pengamanan.

"114 pos pengamanan telah didirikan. 25 diantaranya merupakan Chek Point penyekatan untuk mengantisipasi para pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut," ungkapnya.

Bagi masyarakat dari wilayah lain yang ingin memasuki wilayah Sumut harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya surat yang menyatakan rapid test negatif serta surat perjalanan berpergian yang jelas.

Bila sudah tiba di heck Point perbatasan, masyarakat akan diperiksa dengan dicek suhu tubuh serta kendaraan yang digunakan disemprot cairan disinfektan.

"Sampai saat ini pascaperayaan Idul Fitri 1441 H kondisi kamtibmas di Sumut berjalan aman tanpa adanya gangguan," tandas Tatan.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi