Bupati Hadiri HUT Bhayangkara di Mapolres Asahan

Bupati Hadiri HUT Bhayangkara di Mapolres Asahan
Kapolres dan Bupati Asahan meniup lilin dalam rangka HUT Bhayangkara (Analisadaily/Awaluddin)

Analisadaily.com, Kisaran - Polres Asahan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar syukuran dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74 di Aula Wira Satya Mapolres Asahan, Jalan Ahmad Yani Kisaran, Rabu (1/7).

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, dalam sambutan tertulisnya mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-74 mengambil tema "Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif".

Tema tersebut sangat relevan dengan meningkatnya kegiatan kepolisian yang memerlukan strategi kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan gangguan Kamtibmas serta permasalahan sosial.

Untuk menumbuh kembangkan strategi kemitraan, peringatan HUT Bhayangkara ke-72 dilaksanakan di seluruh jajaran Polri secara sederhana.

Hal ini merupakan ungkapan tekad Polri untuk tetap konsisten mempererat kemitraan dengan masyarakat dan sekaligus menjadikan peringatan HUT Bhayangkara sebagai milik masyarakat, yang merupakan komponen penting dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas.

Nugroho mengatakan acara syukuran yang dilaksanakan saat ini adalah suatu sarana untuk melakukan evaluasi dan intropeksi diri serta sekaligus sarana mempererat tali silaturahmi di antara sesama.

Dia menjelaskan, sejak pandemi Covid-19 melanda negara ini, Polri khususnya Polres Asahan telah bergerak melakukan kegiatan kemanusiaan sampai puncaknya pada HUT Bhayangkara ke-74 tanggal 01 Juli 2020, antara lain penyemprotan disinfektan di rumah ibadah, pajak dan pasar serta bhakti sosial berupa gotong royong di rumah ibadah dan pasar/pajak yang ada di Kabupaten Asahan, pemberian sembako dan masker kepada masyarakat pedesaan secara kontiniu dan pemberian SIM gratis kepada masyarakat yang lahir tanggal 01 Juli.

"Pada prinsipnya Polres Asahan terus hadir di tengah masyarakat di masa pandemi covid-19 selain penegak hukum, Polres Asahan juga fokus dalam program kemanusiaan lainnya sejalan dengan kebijakan Pemerintah untuk membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19," ungkap Nugroho.

Kapolres juga mengatakan bahwa pihaknya memberikan edukasi dan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat mengenai pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selanjutnya Kapolres Asahan mengatakan, penyelesaian berbagai konflik di tanah air telah dapat diselesaikan dengan baik oleh jajaran Polri.

Hal ini bukti keseriusan dan kesungguhan Polri dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat, bangsa dan negara sebagai institusi yang berperan dan bertanggung jawab memelihara keamanan dalam negari.

Berbagai keberhasilan yang telah dicapai oleh Polri selama ini, di satu sisi merupakan kebanggaan dan prestasi yang perlu disyukuri oleh jajaran dan keluarga besar Polri, namun perlu disadari bahwa apa yang telah dicapai tidak semata-mata merupakan hasil kerja Polri saja, akan tetapi tidak terlepas dari adanya dukungan dan partisipasi lapisan masyarakat serta instansi lintas sektoral.

"Menyadari berbagai keberhasilan yang telah dicapai, tentunya tidak lepas dari dukungan dan peran serta masyarakat dan pendahulu Polri yang telah gigih dan penuh dedikasi membangun dan membesarkan Polri. Maka sebelum mengakhiri amanat ini, saya atas nama Kapolres Asahan dan seluruh anggota Polres Asahan menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas sumbangan, dedikasi, semangat dan pengabdian masyarakat Kabupaten Asahan yang telah diberikan kepada Polres Asahan," kata Nugroho.

Sebelum acara syukuran digelar Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Perwaikilan Dandim 0208/AS, Perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan (Kasup Dempom) mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 melalui video conference dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

(ALN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi