Protokol Kesehatan Merupakan Roh Penerapan New Normal

Protokol Kesehatan Merupakan Roh Penerapan New Normal
Imbauan protokol kesehatan (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Deliserdang, Haris Binar Ginting mengatakan, kesadaran dan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah menjadi roh dalam penerapan masa new normal yang akan diberlakukan.

“Masyarakat jangan takut berlebihan, tapi tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Haris kepada Analisadaily.com, Jumat (3/7) saat ditemui di sekretariat aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang, Lubukpakam.

Imbauan pemerintah agar mematuhi protokol kesehatan, baik memakai masker, cuci tangan pakai sabun, tetap menjaga jarak, dan perilaku hidup bersih dan sehat lainnya menjadi faktor penting untuk menjaga diri agar tidak terjangkit Covid-19 di tengah-tengah kehidupan new normal yang membuka secara luas gerak aktivitas masyarakat.

Konsep new normal bukanlah kehidupan baru, tapi kehidupan biasa seperti sebelum merebaknya Covid-19. Namun kehidupan normal itu ditambah dengan kebiasaan baru seperti memakai masker.

“Kalau dulu sebelum ada Covid-19, kita gak ada pakai ini (masker). Bahkan kalau kita datang bertamu ke rumah orang pakai masker, yang punya rumah pasti tersinggung. Tapi sekarang kita pakai ini untuk mencegah penyebaran dan penularan,” terang Haris.

Ditambahkannya, kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menjadi sangat penting dalam upaya menciptakan masyarakat produktif selama pandemi, namun tetap dan aman dari Covid-19.

Upaya pemerintah dalam menerapkan berbagai kebijakan terutama memulihkan semua sektor kehidupan yang terdampak, termasuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 itu menjadi sia-sia bila masyarakat tidak mendukung.

Kewaspadaan dan kesadaran bersama menjadi solusi untuk keluar dari semua tekanan ditimbulkan Covid-19 selama ini yang mendera masyarakat, terutama masa new normal yang bakal diberlakukan.

Pemkab Deliserdang, ucap Haris, sangat berharap dukungan masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, terlebih tren pasien positif Covid-19 di Deliserdang mengalami peningkatan setiap hari.

Dari data GTPP Covid-19 Kabupaten Deliserdang, pasien positif Covid-19 mencapai angka 138 orang, 15 meninggal dunia, dan 66 orang dinyatakan sembuh.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi