Ketua Dewan Pendidikan Deli Serdang Infak Al Quran dan Buku

Ketua Dewan Pendidikan Deli Serdang Infak Al Quran dan Buku
Ketua Dewan Pendidikan Deli Serdang, Muriadi, bersama BKM Jami Kubahsentang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pantai Labu - Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Muriadi, bersama rombongan berkunjung ke Masjid Jami di Dusun II, Desa Kubahsentang, Kecamatan Pantai Labu untuk menginfakan sejumlah Al Quran dan buku, Minggu (5/7).

Menurutnya kunjungan itu bagian dari dukungan dan menyahuti program Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jami yang sedang mengembangkan perpustakaan masjid sebagai bentuk pemberdayaan umat lewat literasi berbasis masjid.

"Kemarin ada semacam diskusi dan permohonan buku-buku untuk perpustakaan masjid Jami. Hari ini semacam silaturahmi sekaligus menyerahkan infak Al Quran dan buku-buku," terang Muriadi.

Muriadi menilai, pengembangan literasi berbasis masjid seperti yang dilakukan BKM Jami Kubahsentang sangat strategis. Fungsi masjid menjadi pusat literasi sangat baik untuk mencerdaskan umat dan layak menjadi model untuk dikembangkan di Deli Serdang.

Masjid, tambahnya, berfungsi tidak saja sebaga tempat ibadah, tapi juga punya fungsi luas termasuk menjadi pusat pemberdayaan umat lewat konsep literasi baik itu mengaji Al Quran, praktik ibadah maupun perpustakaan masjid.

Menurutnya kegersangan kemajuan intelektual saat ini di hadapkan kepada minimnya nilai-nilai agama tertanam dalam diri yang berimplikasi kepada sikap egoisme dan keserakahan.

"Dampaknya kecerdasan juga kemajuan yang tercipta tidak berorientasi membangun peradaban beradab, tapi lebih kepada kepentingan pribadi dan kelompok tertentu bahkan bersifat menghancurkan," sebutnya.

"Literasi berbasis masjid sangat strategis untuk dikembangkan. Konsep literasi berbasis masjid ini sangat bagus untuk mencerdaskan umat yang memberikan keseimbangan emosional dan spiritual," sambung Muriadi.

Ketua BKM Jami Kubahsentang, Amirul Khair, mengapresiasi kunjungan Ketua Dewan Pendidikan Deli Serdang bersama rombongan yang juga sudah berpartisipasi menginfakan Al Quran dan sejumlah buku untuk khazanah perpustakaan Masjid Jami.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan melihat langsung masjid kami dari dekat. Terima kasih juga atas infak Al Quran dan buku untuk perpustakaan Masjid Jami," ungkapnya.

Amirul menjelaskan, sejak dicanangkan program 'Gerakan Infak Buku' sebulan lalu, sudah terkumpul sekitar 500-an buku dari target setahun ke depan mencapai 1.000 buku.

"Bila target itu tercapai dalam setahun, akan ditingkatkan menjadi 1.000 judul buku yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar masjid juga umum," tukasnya.

(AK/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi