Sudah 90 Kasus Positif Covid-19 di Aceh, 54 Orang Dinyatakan Sembuh

Sudah 90 Kasus Positif Covid-19 di Aceh, 54 Orang Dinyatakan Sembuh
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Kasus pasien positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Aceh dilaporkan bertambah satu orang lagi pada Kamis (9/7).

Sehingga, sejak pertama kali kasus positif Covid-19 ditemukan di Aceh pada akhir Maret 2020, hingga hari ini sudah 90 orang ditemukan positif terinfeksi.

Dari jumlah itu, 54 orang dinyatakan sudah sembuh atau negatif, 33 sedang dalam perawatan di rumah sakit rujukan kabupaten/kota, dan 3 orang telah meninggal dunia akibat menderita penyakit bawaan (komorbid) lainnya.

Seorang pasien terbaru yang ditemukan positif terinfeksi virus Covid-19 adalah seorang laki-laki berusia 68 tahun berinisial FSP. Ia berdomisili di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Pasien ini terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab nasofaring dan orofaring dengan menggunakan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dari laboratorium Balai Litbangkes Aceh.

FSP dikabarkan sempat dirawat di IGD RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh sebelum hasil swabnya keluar. Setelah diketahui positif, saat ini FSP sedang menjalani perawatan secara intensif di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), membenarkan. Hal itu berdasarkan data yang diterimanya dari pihak Dinas Kesehatan Aceh dan Koordinator Pelayanan Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUDZA, dr. Novina Rahmawati.

"Iya, ada satu lagi positif terinfeksi virus Corona hari ini, dia merupakan pasien positif ke-90 ," kata SAG, Jumat (10/7).

Namun SAG mengaku, ia belum mendapatkan informasi secara detail riwayat penyakit maupun perjalanan pasien tersebut sehingga terpapar Covid-19.

Selanjutnya, SAG menyampaikan akumulasi kasus Covid-19 di Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota se-Aceh, per 9 Juli 2020, pukul 15.00 WIB.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh masih sebanyak 2.306 orang, dan tidak ada penambahan.

ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota sebanyak 45 orang. Sedangkan sebanyak 2.261 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebanyak 129 kasus. Ada penambahan 3 PDP baru. PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 5 orang.

PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 123 orang. PDP yang meninggal dunia hanya 1 orang pada 26 Maret 2020.

Sedangkan jumlah orang yang Positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai 90 orang. Ada penambahan 1 kasus Covid-19.

"Pasien Covid-19 yang sedang dirawat sebanyak 33 orang, sudah sembuh 54 orang, dan 3 orang meninggal dunia," pungkas SAG.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi