Gempa di Aceh Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa di Aceh Selatan Tidak Berpotensi Tsunami
Peta gempa bumi di Aceh Selatan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=4.0 mengguncang Wilayah Kabupaten Aceh Selatan pukul 09.54 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa ini berkekuatan M=4.0, dan gempa bumi utama.

"Episenter terletak pada koordinat 3.36 LU dan 97.13 BT, atau tepatnya di darat pada jarak 14 km Barat Laut Kabupaten Aceh Selatan pada kedalaman 36 km," kata Edison, Jumat (17/7).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia kebawah lempeng Eurasia.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tapak Tuan III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," paparnya.

Kendati tidak berpotensi tsunami, Edison mengimbau kepada masyarakat agar selalu tenang dan pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Edison.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi