BMKG Deliserdang Pasang Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami di Karo

BMKG Deliserdang Pasang Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami di Karo
Kepala Stasiun BMKG Deliserdang Teguh Rahayu menyerahkan alat WRS New Gen ke Bupati Karo Terkelin Brahmana, Rabu (22/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Deliserdang memasang alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami, atau yang dikenal Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kabupaten Karo.

Alat pendeteksi dini ini dipasang di lobby Kantor Bupati Karo, Rabu (22/7).

Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang Teguh Rahayu menyampaikan, memasang peralatan WRS New Gen fungsinya memberikan informasi dini tentang gempa bumi dan tsunami secara real time.

Lanjutnya untuk di wilayah Sumatera Utara sendiri pada tahun 2020, telah terpasang 11 alat WRS New Gen yang tersebar Medan, Tapanuli Selatan, Samosir, Pakpak Bharat, Dairi, Padang Lawas, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Asahan, Labuhan Batu dan Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, menyampaikan terima kasih kepada BMKG yang telah memasang Smart display Warning Receiver System New Generation di loby Kantor Bupati Karo.

Harapan display ini bisa memberikan informasi dini gempa dan tsunami secara real time. Juga mempermudah dalam memberikan informasi di daerah Kabupaten Karo terkait gempa bumi dan tsunami sehingga pemerintah dapat mengambil langkah lebih lanjut dan cepat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba, Kadis Kominfo Jhonson Tarigan, Kabid BPBD Natanael Peranginangin.

(DIK/BR)

Baca Juga

Rekomendasi